Spesies Terancam Kepunahan Meksiko Berharga Tinggi di Pasar Gelap RRT

408
Keterangan foto: Perut/gelembung renang ikan Totoaba yang dikeringkan hasil dari teluk California Meksiko, bisa dijual di pasar gelap RRT dengan harga 10.000 – 20.000 USD. Foto adalah perut ikan Totoaba. (Kantor Jaksa Penuntut Amerika Serikat)

(Voice of America) Gelembung renang ikan Totoaba macdonaldi yang sudah dikeringkan hasil dari teluk California Meksiko, dijual di pasar gelap Tiongkok. Penangkapan Pukat Insang juga menyebabkan lumba-lumba terkecil dunia yakni Vaquita / Phocoena sinus (lumba-lumba kepala tikus) hampir punah. Pemerintah Meksiko berusaha keras mencegah kepunahan spesies tersebut yang terancam parah.

Kapal Angkatan Laut Meksiko terus berpatroli mencari kegiatan ilegal, namun yang dilacak bukan penjual narkoba melainkan orang yang menangkap Totoaba di teluk California dengan mempergunakan pukat insang yang telah dilarang di teluk California. Gelembung renang ikan Totoaba spesies yang hampir punah yang sudah dikeringkan ini bisa dijual seharga 10.000 USD (Rp 132 juta) per buah di pasar gelap RRT.

“Kami berpatroli dan melacak setiap hari, selalu dapat menemukan 5 hingga 6 gillnet (pukat insang),” kata Letkol AL Meksiko Andrade.

Penangkapan pukat insang menyebabkan lumba-lumba terkecil dunia yakni Vaquita (lumba-lumba kepala tikus) hampir punah. Sebuah laporan studi yang diterbitkan pada 2014 menunjukkan bahwa hanya tinggal 100 ekor lumba-lumba Vaquita di seluruh dunia. Pada 2012 masih ada 200 ekor. Laporan itu mengatakan bahwa jika situasi demikian ini terus berlanjut maka lumba-lumba jenis ini akan punah pada 2018.

Satu tahun lalu pemerintah Meksiko berkat bantuan dari The Sea Shepherd Conservation Society /SSCS (Komunitas Konservasi Herder Laut) menambah patroli untuk melarang penggunaan pukat insang.

“Ada demand/permintaan dari Asia tentang hasil laut ilegal ini, maka menghentikan permintaan ini di Asia sangatlah penting,” tukas kapten kapal Oona Layolle dari SSCS.

Satu perut ikan Totoaba dari teluk California bisa dijual seharga 1600 US dolar di Meksiko, namun menurut departemen terkait AS yang mengatakan bahwa bisa dijual seharga 10.000 – 20.000 USD di Asia.

Keterangan foto: Ikan lumba lumba Vaquita yang langka. (wikipedia)
Keterangan foto: Ikan lumba lumba Vaquita yang langka. (wikipedia)
Keterangan foto: Kapten kapal Oona Layolle dari SSCS (The Sea Shepherd Conservation Society) yang membantu pemerintah meksiko berpatroli untuk melarang penggunaan pukat insang.  (WIKIPEDIA)
Keterangan foto: Kapten kapal Oona Layolle dari SSCS (The Sea Shepherd Conservation Society) yang membantu pemerintah meksiko berpatroli untuk melarang penggunaan pukat insang. (WIKIPEDIA)

Petugas dari toko penjual hasil laut kering di pasar Hong Kong mengatakan, bahwa berkat pihak berwenang sering memeriksa dan melarang sehingga membuat sebagian orang tidak berani menjual barang larangan ini, namun masih saja ada yang menjual dengan diam-diam.

Sup gelembung renang ikan Totoaba teluk California diyakini bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit, termasuk radang sendi dan reaksi kehamilan.

“Sejak militer mulai berpatroli dan kami membantu disisinya, situasi menjadi semakin membaik. Di pagi hari sudah tidak ada yang melakukan penangkapan ilegal tetapi memperkuat penegakan hukum di malam hari sangatlah penting,” imbuh kapten kapal SSCS.

Nelayan setempat Meksiko juga ikut masuk ke dalam barisan pencegahan penangkapan ikan ilegal.

“Apapun yang Anda lakukan dan tidak peduli ada berapa keluarga yang harus berkorban untuk ini, kami tidak berpikir dengan demikian akan mampu begitu saja untuk menyelamatkan lumba-lumba Vaquita. Namun sebagai seorang warga Meksiko kami wajib melakukan hal ini, pemerintah Mesiko juga seharusnya berusaha keras untuk menyelamatkan lumba-lumba Vaquita,” jelas Rodriguez Pena ketua Koperasi Nelayan San Felipe Meksiko.

Sekarang masih terlalu dini untuk mengatakan apakah upaya ini pada akhirnya bisa menyelamatkan kehidupan-kehidupan laut yang berharga ini atau tidak? (lin/whs/rmat)