Korut Sedang Membangun Pesawat UAV Penyerang

472
Dalam parade militer Pyongyang untuk memperingati 60 tahun Perang Korea pada 27 Juli 2013, Korut sudah mempertontonkan pesawat UAV mereka. (foto Getty Images)

Oleh Xu Jiadong

Media Inggris ‘Independent’ mengutip sumber Yonhap di Korea Utara melaporkan bahwa Korea Utara kini sedang mengembangkan pesawat tanpa awak jenis baru yang memiliki  kemampuan dan kapasitas lebih besar dari yang pernah dibuat mereka.

Laporan menyebutkan bahwa pejabat Pertahanan Korea Selatan mengatakan, “Korea Utara sedang membangun pesawat terbang tanpa awak (UAV) dengan jarak terbang lebih jauh melalui perangkat kontrol penerbangan UAV”.

Menurut Yonhap, sejak awal tahun ini, mereka sudah sering kali melakukan uji coba penerbangan bahkan tidak jarang  ditemukan oleh pihak Seoul.

Korea Selatan memperkirakan, Korut memiliki sekitar 300 unit pesawat pengintai dan sekitar 10 unit pesawat penyerang tanpa awak. Bahkan pesawat tanpa awak mereka pernah dipertontonkan dalam acara parade militer di Pyongyang pada 2013.

Profesor Hubungan Internasional dan Keamanan, Universitas Bradford Inggris, Christoph Bluth mengatakan bahwa data itu sementara dapat dianggap benar, namun demikian, dari segi kompleksitas desainnya mungkin tidak sebanding dengan UAV milik Barat.

“AS dan Korea Selatan sudah meningkatkan kemampuan radar untuk  mendeteksi pesawat terbang tanpa awak mereka. Pesawat UAV pada dasarnya hanya bisa dioperasikan secara efektif dalam lingkungan yang memiliki superioritas udara. Namun, tidak demikian dengan kondisi di Semenanjung Korea,” kata Bluth.

Di masa lalu, Korea Selatan bisa melacak kemampuan Korut dalam pengembangan UAV karena wilayahnya sering kejatuhan pesawat UAV Korut. Meskipun tanpa melampirkan foto, tetapi Yonhap mengklaim bahwa UAV milik Korut itu memiliki kemampuan pelacakan, dapat dimanfaatkan untuk memeriksa kondisi atmosfir, mendeteksi kebakaran hutan dan mengamati perikanan.

Sejak dulu Korut sudah mendapat alih teknologi pesawat UAV dari Rusia dan Tiongkok. Sumber lain yang berasal dari Korea Defence and Seciruty Forum mengatakan, “Korut sudah mulai mengembangkan teknologi UAV mereka sendiri untuk menggantikan UAV lama yang mereka impor dahulu”.

September tahun lalu, Yonhap mengumumkan bahwa Korea Selatan sedang mengembangkan sistem baru di bidang pertahanan terhadap serangan udara. Dikatakan bahwa Korea Selatan kini sudah memiliki perangkat yang dapat langsung melumpuhkan pesawat tanpa awak Korut yang terbang melewati perbatasan. Pengembangan sistem pertahanan  termasuk menciptakan senjata laser dan senjata EMP (Electromagnetic Pulse). (Secretchina/Sinatra/rmat)