Gelombang Radio Misterius dari Angkasa, Sinyal dari ET?

421
Para peneliti enam kali mendeteksi gelombang radio pendek dan kuat dari konstelasi Auriga, dan masing-masing hanya berlangsung beberapa milidetik. Sementara sumber gelombang belum diketahui, beberapa peneliti mengatakan, semburan energi misterius ini bisa menjadi pertanda alien sedang mencoba menghubungi masyarakat Bumi. (Galery foto pixabay)

Dalam beberapa tahun terakhir ini, para peneliti telah berulang kali menerima sinyal radio misterius dari luar angkasa. Dan baru-baru ini, peneliti kembali enam kali mendeteksi sinyal radio pendek dan kuat dari konstelasi Auriga, yang hanya berlangsung beberapa milidetik, sehingga kembali memicu spekulasi dari komunitas ilmiah terhadap sumber gelombang radio misterius ini.

Melansir laman “MailOnline-Daily Mail.co.uk”, konstelasi Auriga yang terpencil ini berjarak 3 miliar tahun cahaya dari Bumi. Para peneliti belum mengetahui secara pasti akan sumber gelombang radio yang tidak wajar ini.

Tetapi beberapa peneliti mengatakan, bahwa semburan energi misterius ini bisa menjadi pertanda alien sedang mencoba menghubungi masyarakat Bumi.

Semburan gelombang radio cepat

Peneliti dari McGill University, Montreal, Kanada, enam kali mendeteksi gelombang radio ini menggunakan Green Bank Telescope di Virginia Barat dan Arecibo Observatory di Puerto Rico.

Hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal “The Astrophysical Journal Letters” oleh Paul Scholz, pemimpin tim peneliti tersebut mengatakan, “Kita kembali mendeteksi sebanyak enam kali gelombang radio dari konstelasi Auriga, lima kali diantaranya melalui Green Bank Telescope, panjang gelombang pada frekuensi 2 GHz, dan gelombang radio lainnya terdeteksi di Arecibo Observatory, dengan panjang gelombang pada frekuensi1.4 Ghz, ditambah dengan 11 kali semburan yang terdeteksi di posisi yag sama sebelumnya, yakni semburan gelombang radio cepat atau FRB 121102, total terdeteksi 17 semburan.”

Fast Radio Burst-FRB adalah semburan gelombang radio cepat yang terang dan singkat yang misterius dan belum diketahui yang ditemukan dalam pengamatan astronomi, adalah semacam sinyal energi ekstrim kuat dengan penyebaran yang sangat teratur. Kecepatan semburan gelombang radionya setara dengan satu bulan energi radiasinya matahari. Pada 2007, “Fast Radio Burst” pertama ditemukan teleskop radio di Parkes Radio Telescope, Australia. Sejak itu, para astronom dunia berulang kali mendeteksi sinyal gelombang radio yang kuat ini.

Sumber gelombang radio masih misteri

Meskipun banyak terdeteksi gelombang radio misterius di posisi yang sama, namun sumber dari gelombang-gelombang radio misterius ini masih tanda tanya.

Para peneliti mengatakan semburan berulang menyiratkan bahwa apa pun yang menyebabkan gelombang radio bukan peristiwa satu kali seperti ledakan atau tabrakan.

Sebelumnya ketika gelombang terdeteksi, para astronom juga meminta Search for Extraterrestrial Intelligence (Seti) untuk melihat lebih dekat apakah gelombang merupakan pesan ET. Tapi tidak jelas apakah para peneliti dari tim Mc Gill ini juga akan meminta Seti untuk membantunya kali ini.

Jika ada kehidupan cerdas di luar bumi, maka menurut fisikawan terkenal Stephen Hawking, manusia sedang memainkan permainan yang berbahaya, apabila mencoba untuk menghubungi makhluk ET (Extraterrestrial) ini. Jika alien menemukan bumi, besar kemungkinan mereka akan menaklukkan kita dan membangun koloni di bumi, pungkasnya.

Tapi co-pendiri Seti Institute dan mantan direktur Jill Tarter tidak berpikir begitu. Dia percaya, alien apapun yang mencoba melintasi perjalanan alam semesta itu bersahabat dan damai. (Epochtimes/ Xia Yǔ/joni/rmat)