Temuan Arkeologi yang Menakjubkan di Gurun Atacama

335
Hal yang aneh dari gurun Atacama ini adalah tandanya yang tidak dapat dijelaskan. “Ladang” dan “Sumur gelap” yang diambil dari udara. (Internet)

Beberapa personel non arkeolog atau penggemar arkeologi kembali mendapatkan temuan yang mengejutkan di gurun Atacama. Selain penemu-penemu ini, hampir tidak ada yang percaya dengan fakta sebenarnya. Sampai akhirnya mereka menemukan bukti terkait. Adalah Holly Ahlberg asal Sedona, Arizona, yang menemukan objek-objek yang sulit dipercaya ini ketika menggunakan Google Earth di rumahnya.

Lokasi temuan objek tersebut berada di lingkungan yang ekstrim. Curah hujan di daerah ini sangat sedikit, orang-orang juga sulit untuk mengingat kapan terakhir kali hujan di sana. Dan hal ini juga yang membuat daerah tersebut menjadi gurun yang paling tandus di dunia, sekaligus menjadi pemandangan yang unik. Seseorang akan berhalusinasi ketika dehidrasi dalam waktu lama, mungkin akan melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada.

Kemungkinkan sekelompok orang-orang ini telah melihat sesuatu yang sebenarnya tidak ada. Beberapa garis dan puing-puing, mungkin bukan objek-objek seperti ini yang mereka saksikan atau mungkin juga bukan buatan manusia.

Panorama ini terletak di Gurun Atacama. Gurun ini memiliki area seluas 105.000 km, membentang dari utara ke selatan di sepanjang pantai Samudera Pasifik, Chili Utara. Kini telah menarik perhatian. Namun, Holly Ahlberg berharap temuannya akan menjadi penemuan arkeologi yang memiliki makna bersejarah.

Temuan Ahlberg hanya beberapa tanda yang aneh di gurun Atacama dan tidak dapat dijelaskan. Meskipun hanya berupa beberapa baris dan tanda, tapi temannya dapat membantunya memverifikasi pola-pola ini.

Pola Gambar Melingkar

Ia lalu menghubungi Lloyd Pye, seorang sarjana merangkap penulis. Lloyd Pye kemudian membentuk sebuah tim untuk menyelidiki pola tersebut. Di antara tim tersebut termasuk seorang petualang bernama Brien Foerster dan seorang pilot drone Jeff Taylor. Jeff Taylor mengoperasikan drone Event38.

Di antara mereka tak seorang pun yang berprofesi sebagai arkeolog, juga belum pernah menjalani pelatihan terkait. Ada yang menganggap mereka hanyalah “orang-orang awam,” atau orang-orang yang tidak paham arkeololgi, tetapi mereka bersedia menghabiskan waktu dan energi untuk menyelidiki temuan tersebut.

Berkat drone yang dilengkapi dengan kamera, tim ini berhasil mendapatkan rincian foto udara di daerah tersebut. Menurut mereka, daerah itu mencakup wilayah permukaan yang sangat luas, sekitar 11 mil panjangnya, dengan luas 6 mil, gambar yang mereka dapatkan kemungkinan adalah jalan raya, ladang garam, dinding yang rusak atau mungkin rumah, monumen yang besar dan sumur yang gelap (lorong bawah tanah untuk irigasi dan fungsi lain) dan beberapa fasilitas.

Para peneliti tersebut mengatakan, bahwa sebagian besar objek yang dapat disaksikan dari foto udara dan Google Earth itu, anehnya tidak ditemukan di permukaan.

Mereka mengatakan ada beberapa benda yang ditemukan, termasuk beberapa puing kecil itu bisa dengan mudah ditemukan. Ada beberapa fragmen tembikar, dan di dalam sebuah kendi terdapat satu sosok yang menurut mereka mungkin adalah sesosok kerangka anak-anak. Ada beberapa sisa-sisa permukaan cekung, mungkin digunakan untuk menggiling gandum.

Sejak 2007 silam, profesor Lee Berger dari Universitas Witwatersrand, Afrika Selatan pernah ke sebuah bekas gua yang baru menggunakan Google Earth, yang akhirnya membawanya menemukan fosil hominid purba  200 juta tahun silam. Temuan ini akhirnya mengguncang studi tentang asal-usul manusia di seluruh dunia.

Sementara temuan penting lainnya dari Profesor David Kennedy dari University of Western Australia, ia mengklaim pernah menemukan sejumlah besar makam dan situs lainnya di daerah padang pasir Arab Saudi menggunakan pencarian Google Earth, beberapa di antaranya berusia sekitar 9.000 tahun.

Holly Ahlberg dengan tegas menyatakan bahwa temuan-temuan ini membuktikan wilayah tersebut pernah ditinggali manusia. Apakah itu temuan yang sesunguhnya atau tipuan, atau mungkin keduanya?  (Secretchina/Ye Yǔ-huan/joni/rmat)