Ditemukan Kota Kuno Menakjubkan di Dasar Laut Mesir

620
Heracleion, kota kuno yang hilang tenggelam abadi di dasar laut. (internet)

Pada 1200 tahun silam, kota yang selama berabad-abad hanya dianggap sebagai legenda yang memiliki kekayaan luar biasa ini kembali ditemukan di dasar laut teluk Aboukir, Mesir.

Jika ditelusuri kembali waktunya pada abad ke-enam SM, coba bayangkan sejenak salah satu barang kerajinan seni yang paling indah itu dalam genggaman anda.

Patung raja dan ratu yang terukir indah pada granit merah setinggi lebih 15 kaki itu berdiri tegak, ada bijih tambang dan emas yang langka, selain itu juga terdapat kuil megah dan monumen besar.

Penemuan arkeologi kali ini merupakan temuan besar dalam komunitas pelestarian warisan sejarah, dan telah dipercayakan kepada museum di belahan dunia untuk menyimpannya.

Mari kita lihat sejenak temuan kota yang luar biasa ini.

Arkeolog Dr. Franck Goddio sedang memeriksa patung Firaun di bawah laut. Patung ini tingginya sekitar 16 kaki, ditemukan di sekitar sebuah kuil besar di bawah laut. Selain itu juga terdapat kepala patung god Hapi yang terukir dari granit merah, god Hapi adalah dewa air bah Sungai Nil yang terkenal. Ia merupakan simbol kemakmuran dan kesuburan, dan patung sedemikian besar ini belum pernah ditemukan sebelumnya. (Internet)
Para penyelam dan tim mereka dengan hati-hati mengangkat patung yang tergali dari bawah laut itu ke permukaan. Untuk melestarikan dan melindungi karya-karya sejarah ini, temuan bersejarah itu akan disimpan di museum. Tampak dalam foto di atas terdapat patung Firaun, ratu, dan god Hapi terbaring di atas kapal di samping pilar kuil. Masa dari pilar kuil yang diketahui berasal dari abad ke-dua SM itu telah pecah 17 keping saat ditemukan, tapi masing-masing pecahannya telah ditemukan dan disatukan. (Internet)
Plat berwarna kuning emas di atas itu ditemukan di daerah tenggara kota, tertulis dalam bahasa Yunani, terlihat seperti tanda tangan sang raja, yang menyatakan ia yang bertanggung jawab atas pembangunan wilayah tersebut. (Raja Ptolemy III, 246–222 SM). Di antara refleksi specular dari penyelam bisa kita saksikan dewa Mesir Osiris, mahkotanya adalah lambang kekuasaan, dan mata dari patung ini juga dihiasi dengan serpihan emas. (Internet)
Seluk beluk kota di teluk Aboukir ini telah di masukkan secara rinci dalam catatan dokumen, seorang penyelam tampak sedang mengukur sebuah kaki patung yang terbuat dari granit merah. Sebuah lampu yang terbuat dari perunggu tampak terawat utuh di bawah laut, masanya diketahui berasal dari abad ke-dua SM. (Internet)
Arkeolog/Penyelam Franck Goddio tampak sedang mengamati prasasti yang diukiri dengan huruf/tulisan, yang dibangun atas perintah Firaun Nectanebo I antara kurun tahun 378 – 362 SM. Tampak penyelam dengan hati-hati mengangkat prasasti besar ke permukaan, prasasti yang telah terkubur selama 1200 tahun di bawah laut. (Internet)
Tampak seorang penyelam dengan hati-hati memeriksa sebuah batu yang berisi serpihan emas, diketahui berasal dari abad ke-enam SM. Barang-barang yang ditemukan itu terawat dengan begitu sempurna. Ada semacam tatakan berlapis emas yang digunakan untuk menyimpan minuman. (Internet)
Itu adalah patung Ptolemiac queen yang memukau pandangan kita. Besar kemungkinan adalah Cleopatra II atau Cleopatra III, dengan balutan busana seperti goddess Isis. Patung dari granit merah tersebut juga dtemukan di kuil besar di sekitar kota Heracleion, patung maha besar seberat 4 ton. (Internet)
Di sana terdapat sebuah barang kerajinan seni yang indah, patung batu berwarna gelap terukir raut wajah ratu Yunani, Mesir. Gambar di sebelah kanan adalah kepala patung dari Firaun sedang di angkat ke permukaan, ukuran kepala patung diketahui lebih dari lima meter setelah diukur, terukir dari granit merah. (Internet)
Sebuah patung dengan wujud Firaun kecil dinasti ke-26 yang terbuat dari perunggu ditemukan di dalam kuil kota Heracleion yang terkubur di bawah laut. (Internet)

Galian arkeologi kali ini merupakan temuan besar yang bersejarah. Peneliti dari berbagai belahan dunia berupaya memahami kota kuno Mesir yang indah menakjubkan ini.

Sangat menakjubkan, karena faktanya kota kuno yang terkubur di bawah laut ini tidak tersentuh selama berabad-abad lamanya. Terlebih lagi dengan kemegahannya, barang-barang seni dan patung-patung yang sedemikian besar ini nyaris terawat utuh sempurna. (secretchina/chen gang/joni/rmat)