Masuk Wilayah Tiongkok Perlu Meninggalkan Sidik Jari di Imigrasi

64
Warganegara asing yang masuk Tiongkok diwajibkan untuk meninggalkan sidik jari di Imigrasi Tiongkok. (internet)

Status kewarganegaraan penduduk Tiongkok akan dicabut begitu yang bersangkutan sudah bermigrasi ke negara lain.

Jika mereka ini (WNA asal Tiongkok) bermaksud untuk melakukan perjalanan pulang kampung (ke Tiongkok), maka  mereka wajib memiliki visa yang dikeluarkan kedutaan Tiongkok.

Selain itu, bagi mereka yang berusia antara 14 sampai 70 tahun, diharuskan untuk meninggalkan berkas sidik kesepuluh jari tangan untuk dokumentasi pemerintah. Peraturan baru ini mulai diterapkan di Bandara Shenzhen yang ditunjuk sebagai pilot proyek mulai 10 Februari 2017.

Melalui situsnya, Departemen Keamanan Nasional Tiongkok mengatakan bahwa pihak berwenang Tiongkok demi meningkatan pengawasan terhadap warga asing yang masuk Tiongkok melalui bandar udara, memutuskan untuk mengambil gambar sidik jari mereka yang berusia antara 14 hingga 79 tahun.

Namun membebaskan para individu pemegang paspor diplamatik atau yang memperoleh courtesy visa.

Penerapan sidik jari bagi warga asing akan mulai dilakukan di Bandara Internasional Baoan Shenzhen, Tiongkok pada 10 Februari 2017, kemudian akan dilakukan juga di bandara lainnya.

Bagi mereka yang memenuhi kriteria berikut akan bebas dari pengambilan sidik jari :

  1. Pemegang paspor diplomatik asing atau Tiongkok, individu yang memperoleh courtesy visa, namun dikecualikan bagi anggota delegasi pertukaran yang diatur negara.
  2. Utusan negara yang menurut perjanjian bilateral atau pengaturan imbal balik dibebaskan dari pengambilan sidik jari.
  3. Pejabat asing setingkat wakil menteri ke atas termasuk anggota delegasinya yang memberikan fokus untuk mefasilitasi prosedur imigrasi, sesuai dengan peraturan yang dibuat Departemen Keamanan Nasional Tiongkok.
  4. Individu asing yang tidak mungkin diambil sidik jarinya karena keseluruhan jarinya mengalami cacat permanen.
  5. Individu yang memperoleh persetujuan dari Departemen Keamanan Nasional Tiongkok untuk bebas dari pengambilan sidi jari. (Secretchina/Sinatra/rmat)