Inilah Satu-satunya Gunung Berapi di Dunia yang Dapat Dijelajahi dari Dalam

187
Terjadinya magma adalah akibat pecahnya permukaan bumi, ketika magma tidak bisa menerobos ke permukaan, lalu membentuk dapur magma setelah terhambat di dalam gunung berapi. Ketika semakin banyak lahar tumpah ruah di dapur magma, tekanan meningkat, hingga akhirnya magma terpaksa menerobos ke permukaan, lalu terjadilah letusan gunung berapi. (Internet)

Selama beberapa dekade, pemandangan menakjubkan letusan gunung berapi dan aliran magma hanya dapat disaksikan dari foto.

Satu-satunya yang belum pernah disaksikan adalah pemandangan di dalam gunung berapi. Namun, jarang ada yang secara gila-gilaan menelusuri pemandangan gunung berapi bagian dalam. Meksipun sebuah gunung berapi dinyatakan tidak aktif, tetap saja membuat kita merinding menjelajah sampai ke dalamnya karena berbagai kemungkinan buruk bisa saja terjadi.

Namun, gunung berapi Thrihnukagigur di Islandia adalah satu-satunya gunung berapi yang bisa ditelusuri dari dalam.

Islandia terkenal di dunia karena gunung berapinya. Pada tahun 2010, letusan gunung berapi Eyjafjallajokull di Islandia membuat geger dunia. Akibat letusan itu menyebabkan gangguan perjalanan udara di Eropa sampai seminggu lamanya. (Internet)

Sebagaimana diketahui, Islandia memiliki setidaknya 30 gunung berapi. Banyaknya gunung berapi itu karena Islandia terletak di atas punggung gunung di bagian tengah Atlantik yangh tidak stabil.

Meskipun cukup banyak gunung berapi di Islandia, tapi gunung berapi Thrihnukagigur memiliki keunikannya tersendiri. Sumber daya di dalamnya cukup menyediakan penelitian geologi yang unik bagi para ilmuwan.

Gunung berapi Thrihnukagigur tidak hanya menarik ilmuwan yang terpesona, tetapi juga menarik banyak petualang yang suka tantangan berisiko untuk menjelajahinya.

Sebelum tiba di Islandia, gunung berapi Thrihnukagigur telah tertidur selama 4.000 tahun. Pada 1974, untuk pertama kalinya orang-orang mulai mengeksplorasi gunung berapi, sampai 1991, orang-orang baru mengeksplorasi gunung berapi ini secara mendalam dan menandainya di peta.

Untuk masuk ke bilik batuan magma harus melalui kawah empat meter persegi, kemudian menelusuri kedalaman 120 meter.

Petualang pertama yang memasuki gua gunung berapi adalah Arni Stenfansson. Lucunya, ia menggambarkan kunjungan pertamanya penuh kekecewaan.

“Saya ke sini mencari keindahan, tapi malah melihat keburukan,” katanya kecewa.

Terjadinya magma adalah akibat pecahnya permukaan bumi, ketika magma tidak bisa menerobos ke permukaan, lalu membentuk dapur magma setelah terhambat di dalam gunung berapi. Ketika semakin banyak lahar tumpah ruah di dapur magma, tekanan meningkat, hingga akhirnya magma terpaksa menerobos ke permukaan, lalu terjadilah letusan gunung berapi. (Internet)

Petualangan gunung berapi keduanya dilakukan 17 tahun kemudian, dan kali ini ia merasakan kesan yang jauh berbeda.

Thrihnukagigur dan dapur magma yang unik di dalamnya menjadi sumber penting bagi para peneliti. Apa yang mereka pelajari merupakan bantuan penting untuk memahami gunung berapi aktif.

Meskipun gunung berapi Thrihnukagigur telah terlelap selama 4.000 tahun, tapi tetap saja menakitkan ketika berjalan di sekitar gunung berapi. Terutama saat Anda tahu gunung berapi ini sudah lama tidak meletus itu bukan berarti tidak akan meletus lagi, mungkin Anda akan semakin takut.

Bagi sebagian orang, pemandangan yang indah di dalam dapur magma itu layak dijelajahi meski berisiko.

Meskipun ada banyak pemandangan alam yang menakjubkan di Islandia, gunung berapi Thrihnukagigur masih yang paling menonjol di antara gunung berapi sejenisnya.

Arni Stenfansson pernah mengatakan, “Gunung berapi Thrihnukagigur tidak hanya membuat kita terasa kecil tak berarti, saya berharap lebih banyak lagi pengunjung berpetualang ke gunung berapi Thrihnukagigur, dan menantang diri sendiri.” (Secretchina/Yè Yǔ-huán/joni/rmat)