“Air Terjun Api” di Yosemite, Mengalir Deras seperti Lahar

139
Setiap Februari, di Yosemite National Park, California, selalu menyajikan pemandangan spektakuler “firefall atau air terjun api.” (Instagram)

Setiap Februari, di Yosemite National Park, California, AS selalu dimunculkan dengan pemandangan “firefall/air terjun api” yang menakjubkan.

Di bawah pancaran cahaya sinar matahari yang terpantul dari batuan granit itu menghasilkan sinar keemasan yang sangat menakjubkan, sehingga membuat air yang mengalir terlihat seperti larva dari gunung berapi.

Melansir laman CNN, aliran air terjun api di Yosemite terlihat seperti aliran larva panas yang mengalir deras dari gunung batu El Capitan. Fenomena unik ini terjadi setiap Februari dan biasanya hanya berlangsung beberapa menit, setiap malam selalu menarik ratusan wisatawan untuk menyaksikan pemandangan langka ini.

Juru bicara US National Park, Scott Gediman mengatakan, karena tahun ini lebih banyak hujan dan salju, sehingga volume air terjun jauh lebih besar dari sebelumnya.

“Karena disebarluaskan oleh media membuat air terjun ini menjadi terkenal dalam beberapa tahun terakhir ini,” kata Gediman.

Fenomena ini pertama kali ditangkap pada 1973 oleh seorang fotografer bernama Galen Rowell yang sudah almarhum. Sejak itu, fotografer yang berkunjung ke firefall untuk mengabadikan pemandangan unik itu pun menjadi semakin banyak.

Sangeeta Dey, salah satu fotografer memposting foto air terjun api di Instagramnya.

“Tahun ini, saya cukup beruntung sebagai saksi pertama yang lebih dulu menyaksikan pemanangan spektakuler ini. Ini adalah pemandangan indah yang tak terlupakan,” tulis Dey di instagramnya.

Horsetail Firefall terletak di lereng gunung Nevada, persisnya di dalam kawasan lindung El Dorado County, dengan total ketinggian lebih dari 2.000 kaki (609,6 meter). Air mengalir deras dari ketinggian hampir 500 kaki (152 meter). Wisatawan bisa berangkat dari Utara Twin Bridge dekat US Route 50 (Jalan di Amerika Serikat), berjalan ke Horsetail Falls.

Air terjun ini mengandalkan lelehan gunung bersalju di El Capitan sebagai sumbernya, jadi tidak selalu ada sepanjang tahun. Salju di El Capitan biasanya mencair setiap tahun antara Desember dan Januari. (Epochtimes/ Lin Cong Wen/joni/rmat)