4 Transaksi Online Menghebohkan dari Sebungkus Mie Instan Hingga Bayi

204
Seorang pemilikakun facebook mencantumkan mie yang dia beli hanya sebungkus di toko online (Facebook)

JAKARTA – Tak dipungkiri bahwa jual beli di toko online sudah menjadi pilihan masyarakat di tengah padatnya aktivitas sehari-hari. Para pembeli hanya perlu melakukan klik dan transfer, selanjutnya barang pun tiba dalam hitungan hari.

Tak hanya pada belahan dunia, jual beli online sudah menjadi pilihan masyarakat Indonesia. Fakta ini bisa dilihat semakin sepinya berbagai toko-toko didatangi oleh para pembeli. Bahkan ada toko yang sudah diubah menjadi tempat penyimpanan barang atau hanya kantor belaka.

Tentu tak semua barang dagangan yang dijual di toko online atau apa yang diinginkan oleh pembeli merupakan sebuah dagangan yang lazim. Sejumlah kehebohan pun sempat menjadi perhatian luas masyarakat Indonesia.

Berikut 4 transaksi online yang menghebohkan :

1- Bayi Dijual

Beberapa tahun silam, sekitar Januari 2013, publik dihebohkan dengan adanya transaksi bayi berumur 18 bulan pada situs tokobagus seharga Rp 10 juta. Bayi yang dijual lengkap dengan foto dan nomor telepon ini diprotes oleh banyak orang karena dinilai tak mempunyai otak. Namun ada juga masyarakat yang ingin mengadopsi bayi ini.

Pemilik akun dari Kalimantan Barat ini pun mengaku dia hanya dikerjai oleh rekan-rekannya, pada kasus ini Penyidik Cyber Crime Direktorat Reskrimsus Polda Metro Jaya juga turun tangan untuk mengusut kasus ini. Setelah heboh,  penjualan bayi ini dihapus dari situs tokobagus.com.

2- Mainan Sumanto dan Robot Gedek

Sekitar 2016 lalu sosok bekas terpidana kasus kanibal Sumanto, terpidana Robot Gedek dan pembunuh berdarah dingin dari Jombang, Ryan dijadikan sebagai Mainan action figure atau boneka anak. Dijual di toko online, boneka ini dibandrol bervariasi dari Rp 170 ribu dan Rp 300 ribu.

Pembuat lapak mencantumkan peringatan 17+. Pada kemasan pembungkus boneka anak itu tertulis label ‘Indo Psychos’. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) geram dan memprotes penjualan boneka anak itu. KPAI menilai pembuatan itu berdampak buruk bagi anak dan citra buruk Indonesia di mata internasional.

3- Jual Kuntilanak

Seorang netizen Achyar Yuliantoro memposting jual kuntilanak via grup ‎INFO WONG SOLO pada Rabu, 27 Juli 2016. Postingan ini membuat heboh pengguna dunia maya, beragam pengguna menyangsikan kebanarannya bahkan ada yang menulis kenapa hantu itu mesti dijual. Setelah menghebohkan dan ditulis oleh sejumlah media, netizen tersebut pun mengaku hanya bercanda saja.

4- Satu Bungkus Indomie

Seorang netizen membuat heboh dengan membeli sebungkus mie instan dengan harga Rp 1.870 pada sebuah toko online. Pria dengan insial HAN ini, harus membayar ongkos kirim yang lebih mahal daripada harga mi instan tersebut. Total uang yang dia transfer berjumlah Rp 8.870. “Tadinya cuma iseng. Eh beneran dikirim,” tulis Han sebagai keterangan foto (29/11/2016).

Kehebohan ini langsung viral di media sosial, tak hanya ongkos kirim yang lebih mahal bahkan kemasan kiriman bak sebuah ponsel pintar mewah dengan pemberitahuan ‘barang pecah belah.’ Sebungkus mi instan ini pun datang sehari setelah sebelumnya dia memesan 1 bungkus mie instan itu. (asr)