Ia Diledek Sebagai Kurir Miskin, Tidak Berpendidikan, Tapi Sekarang, Ia Adalah Miliarder Beraset 590 Miliar NTD, Punya 80.000 Karyawan

150

24 tahun lalu, ia adalah seorang pemuda yang setiap hari kerjanya hanya mengantar barang pesanan ke mana-mana, ia dihina, pendidikannya juga tidak diakui!

Tapi sekarang, ia adalah milarder peringkat keempat di seantero Tiongkok, memiliki asset senilai NTD 590 miliar atau sekitar Rp.250.7 Triliun, dan 80.000 karyawan yang bekerja untuknya. Bahkan miliarder Jack Ma mengatakan secara terbuka “Ia adalah sosok orang yang paling dikagumi!”

Dia adalah Wang Wei, pendiri “SF Express” yang berkantor di Shenzhen, RRT.

Wang Wei terkenal karena kesederhanaannya di kalangan industri papan atas, bahkan oleh media ia dijuluki sebagai “presiden direktur paling misterius!”

Kerumunan para kuli tinta dari berbagai media berebut ingin mengambil wajah aslinya, namun, setelah 18 tahun merintis bisnisnya, ia baru menerima wawancara untuk pertama kalinya ! Ia sendiri mulai berkarir dari bawah sebagai kurir, sehingga bisa lebih merasakan lika-liku dan kesulitan pada garis pertama.

Meskipun di usianya yang ke-46 sekarang adalah seorang direktur, tapi ia tetap turun ke garis pertama bersama dengan beberapa perintis senior, dan kerap mengantar barang bersama karyawan!

Tahun lalu, ketika sedang sibuk-sibuknya menyambut hari belanja China 11/11 yang digelar setiap 11 November, Wang Wei dengan sendirinya ikut “be on duty” (bekerja pada jamnya). Di mata para karyawan, dia bukan saja seorang presdir yang dekat dengan karyawan tapi juga seorang bos yang dominan.

Bos Wang Wei foto bersama salah satu karyawannya.

April tahun lalu, Wang Wei mendengar salah satu kurirnya dipukul oleh sopir karena kecelakaan lalu lintas saat sedang mengantar barang, sehingga ia pun geram dan mengumumkan perihal itu di internet, “Jika  saya tidak mempermasalahkan hal tersebut sampai tuntas! Maka saya tidak pantas lagi sebagai presdir SF Exprress!”

Karena perhatian Wang Wei itulah, sehingga membuat karyawannya loyal kepadanya, bahkan terbetik kabar ada karyawan yang kecelakaan saat mengantar barang di tengah perjalanan, tapi karena tidak apa-apa, ia melanjutkan tugasnya, hanya bisa kita katakan bahwa dia benar-benar berhasil mengambil hati pimpinan!

Wang Wei adalah penduduk Shanghai, Ayahnya penerjemah, sementara ibu adalah seorang dosen universitas, tetapi saat baru berusia tujuh tahun, keluarganya pindah ke Hong Kong. Setelah duduk di bangku SMU, Wang Wei tidak melanjutkan studinya, tetapi bekerja di sebuah pabrik kecil, pada satu kesempatan, ia membantu seorang temannya mengantar barang ke Shenzhen, Wang Wei yang baru berusia 22 tahun ketika itu, melihat banyak peluang bisnis dari beberapa kali pengalamannya saat mengirim barang.

Sang ayah membantunya mengumpulkan 100.000 dolar Hong Kong atau sekitar Rp.175 jutanya kurs sekarang, membiarkannya merintis usaha, dan hasilnya ia telah meraih hasil yang lumayan hanya dalam waktu relatif singkat selama tiga tahun.

“Biaya kirim untuk satu item barang agen lain dikenakan 70 dolar, sementara saya hanya memungut 40 dolar! Saat baru merintis, karyawan hanya lima orang, tapi mereka kerja selama 15 jam sehari, dan sebagaia bos saya juga ikut mengantar barang,” cerita Wang Wei mengenang masa lalunya.

Mereka lebih dulu menarik pelanggan dengan ongkos yang rendah, kemudian menstabilkan pelanggan dengan kualitas, dan dalam waktu relatif singkat selama empat tahun, hampir memonopoli semua bisnis jasa pengiriman ekspress di Hong Kong.

Ketika itu, Wang Wei baru berusia 26 tahun. Pada 2003, terjadi wabah SARS, orang-orang takut keluar rumah, sehingga meningkatkan permintaan jasa pengiriman barang, dan saat itu, ia membuat gebrakan yang belum pernah ada sebelumnya.

Ia menandatangani kontrak lima pesawat selama ledakan wabah itu, mengirim barang dengan pesawat khusus, dan menjadi sebuah perusahaan pertama di Tiongkok yang mengangkut kiriman ekspres via pesawat.

Wang Wei sekali lagi membuka mata orang-orang, otaknya yang menakjubkan itu bergerak lebih cepat dari yang lain! Ia pernah mengatakan, “Saya tidak percaya yang namanya kebetulan, segala kesuksesan itu mengandalkan usaha dan kerja keras!”

Ketika ditanya rahasia bisnisnya yang sukses itu, Wang Wei tersenyum sambil berkata, “Semua orang bilang kesadaran krisis saya sangat berat. Tetapi justeru karena ini yang mendorong saya terus bergerak maju!”

Wang Wei yang kini berusia 46 tahun, adalah orang terkaya di industri kurir swasta, juga telah membangun 45 pesawat kargo, 15.000 kendaraan pengiriman, menjadi kerajaan kurir ekspres yang mencakup lebih dari 200 negara di dunia.

Seorang heroik atau sosok orang yang hebat tidak perlu takut terlahir miskin dan hina, dan kisahnya ini benar-benar inspiratif. (joni/rmat)