Ternyata Cara Kita Salah Membuka Segel Minuman Kaleng? Minuman Kaleng Aluminium Mungkin Berisiko Terhadap Jiwa, Hati-hati dengan Bakteri yang Menjijikkan Masuk ke Dalam Perut! Jangan Membuka Segel Minuman Seperti Itu Lagi

96

Mungkin Anda pernah mendengar peristiwa tentang orang yang tewas karena Leptospirosis (penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira) akibat mengonsumsi minuman kaleng bersoda. Apakah anda menganggap ini hanyalah kasus kecil yang tak berarti?

Tetapi, jika Anda masih menggunakan cara ini mengonsumsi/ membuka segel minuman kaleng aluminium, maka Anda telah mempertaruhkan nyawa anda sendiri dalam bahaya!

Setelah pengemasan minuman kaleng di pabrik seperti dilansir laman BrightSide, dimana sebelum didistribusikan ke supermarket, minuman-minuman itu ditaruh di atas lantai berdebu. Dan setelah dikirim ke supernarket kemudian ditaruh lagi beberapa hari di rak barang, bahkan beberapa bulan kemudian baru anda beli.

Tapi sebagian besar orang langsung membuka segel kaleng aluminium dan menenggaknya, sama sekali tidak akan memperhatikan bakteri dan debu-debu tebal yang sekian lama terakumulasi pada kaleng aluminium.

Demi kesehatan anda, dihimbau sebaiknya lakukan dulu cara-cara seperti berikut ini sebelum membuka segel kaleng aluminium :

  1. Sterilkan segel kaleng aluminium dan lap bersih.
  1. Lap dengan tisu juga belum tentu akan bersih, karena tisu tidak bisa menyingkirkan bakteri.
  1. Amati fisik kaleng aluminium, kaleng aluminium harus tersegel sempurna, tidak boleh ada celah atau lubang dan sebagainya.
  1. Jika kaleng aluminium terlihat “memuai”, bisa jadi hal itu adalah gejala kontaminasi yang disebabkan sterilisasi yang tidak sempurna. Selain itu, kaleng aluminium juga akan memuai jika terdapat lubang atau penyok kecil di sekitar kaleng.
  1. Jika terdapat kerusakan pada kaleng aluminium, berarti pernis yang terkontak langsung dengan cairan dan logam pelindung lapisan dalam mungkin telah rusak. Jika memang seperti itu, logam akan teroksidasi dan oksida terkait akan bercampur dengan cairan. Jadi, dihimbau sebaiknya jangan mengonsumsi minuman kaleng aluminium yang telah rusak.

Intinya, meskipun bukan serta merta secara pasti akan berisiko terhadap jiwa setelah konsumsi minuman kaleng aluminium, tapi demi kesehatan anda, dihimbau sebaiknya dilap bersih dulu segelnya dengan kain basah atau sterilkan dengan alkohol sebelum menikmatinya.

Karena Anda tidak tahu pasti berapa lama sudah minuman kaleng itu disimpan, dan juga tidak tahu lingkungan penyimpanannya seperti apa sebelum jatuh di tangan anda. Yakin, tak  seorangpun ingin menempelkan bibirnya pada kaleng minuman yang dipenuhi dengan bakteri, bukan? (Jhony/rp)