Tips Agar Liburan Tetap Seru Meski Sedang Musim Hujan

52

Akhir-akhir ini hujan makin sering turun. Waktunya tidak menentu. Bisa di pagi hari, siang, sore bahkan malam hari. Intensitasnya pun cukup tinggi. Bagi orang-orang yang sudah punya rencana liburan, hujan bukan sesuatu yang diharapkan. Aktivitas yang sudah direncanakan bisa jadi gagal total karena hujan deras yang tidak kunjung berhenti.

Nah, kalau Anda sudah punya rencana liburan di musim hujan seperti sekarang, ada baiknya cek dulu tips-tips agar liburan tetap menyenangkan meski sedang musim hujan berikut ini. Jangan biarkan hujan jadi penghalang Anda untuk menikmati liburan yang nyaman dan seru. Berikut ini trik dan tipsnya agar liburan tetap menyenangkan:

  1. Jangan pakai baju dan sepatu putih

Ada dua alasan mengapa sebaiknya Anda tidak menggunakan baju atau sepatu putih, terutama untuk kaum hawa. Pertama, jika Anda menggunakan baju berwarna putih lalu kehujanan sampai basah kuyup. Lekuk tubuh akan kelihatan jelas.

Kedua, risiko kecipratan genangan air kotor. Jika Anda menggunakan baju atau sepatu putih, nodanya pasti lebih kentara dan sulit dibersihkan. Selain warna putih, sebaiknya hindari juga menggunakan baju atau sepatu berwarna terang lainnya.

Khusus untuk sepatu, sebaiknya pilih yang bahannya mudah dibersihkan. Jangan yang bahannya kain, kanvas atau suede. Tujuannya agar saat terkena noda becek, bisa hilang hanya dengan dilap menggunakan tisu basah.

  1. Selalu bawa payung atau jas hujan

Kehujanan bisa membuat Anda jatuh sakit. Padahal sakit saat liburan sama sekali tidak enak. Jadwal berantakan dan liburan Anda bisa menjadi sia-sia. Selalu bawa payung atau jas hujan saat jalan-jalan. Meski agak repot dan membuat barang bawaan jadi lebih berat, tapi lebih baik daripada kehujanan bukan? Jadi agar liburan Anda tetap menyenangkan walaupun saat musim hujan bawalah Jas hujan atau payung.

  1. Jangan liburan ke pantai atau taman hiburan

Musim hujan seperti sekarang bukan waktu terbaik untuk pergi ke pantai. Angin di pantai akan berhembus sangat kencang. Anda juga tidak bisa naik snorkeling atau diving. Ombak tinggi membuat perahu yang Anda naiki akan tergoncang-goncang parah. Hujan dan cuaca yang mendung juga membuat jarak pandang di dalam air sangat minim.

Taman hiburan juga bukan tempat liburan yang pas di kala musim hujan seperti sekarang. Kebanyakan atraksi / wahana permainan di taman hiburan berada di luar ruangan. Saat hujan deras, biasanya wahana-wahana seperti roller coaster dan sebagainya akan berhenti beroperasi. Saat hujan, mengantri naik wahana permainan juga pastinya bukan pengalaman yang menyenangkan. agar pengalaman liburan Anda tidak terganggu lebih baik hindari mengunjungi pantai.

  1. Pilih akomodasi yang nyaman

Umumnya hujan akan membuat orang menjadi ‘mager’ alias malas gerak. Tidak ada salahnya kalau Anda memilih penginapan yang nyaman jika ingin liburan di musim hujan seperti sekarang. Kriteria penginapan yang nyaman bisa berarti hotel, resort atau glamping.

Bayangkan jika Anda memilih menginap di hostel konsep asrama dengan ranjang susun serta kamar mandi terpisah. Ketika Anda merasa ‘mager’ karena hujan, mengurung diri di kamar seperti ini tentu kurang nyaman.

Sementara jika Anda menginap di kamar yang lebih private dan punya fasilitas lengkap di dalam kamar, ceritanya akan berbeda. Ingin malas-malasan seharian di kamar pun tidak masalah.

Soal budget, memang Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk kenyamanan. Namun jangan khawatir, asal pintar-pintar memilih Anda bisa mendapatkan penginapan yang nyaman dan harganya tidak terlalu mahal.

Coba saja cek Reservasi.com untuk mencari tahu harga penginapan di destinasi liburan yang Anda incar. Bandingkan kelebihan masing-masing hotel, pilih yang terbaik lalu pesan hotel yang Anda suka secara online.

Selain pesan hotel, Anda juga bisa pesan tiket pesawat online di Reservasi.com. Dapatkan harga tiket pesawat dan hotel termurah hanya di www.reservasi.com. Selamat liburan!