Teknologi: Air Pun Bisa untuk Memotong Besi

157
air

Kita semua mengenal air sebagi sumber kehidupan. Kita mengenalnya sebagai sumber air minum, mencuci dan juga untuk pengairan.  Namun, apakah Anda percaya bahwa air bisa digunakan untuk memotong benda yang begitu kuat seperti besi?

Waterjets

Ya memang. Air bisa digunakan untuk memotong besi dan ini bukanlah maslah yang baru. Namun, harus diingat bukanlah air keran yang ada di rumah Anda, tapi  air yang dikontrol kecepatanya.

Waterjet merupakan mesin yang istimewa dan digunakan untuk memotong besi dengan kadar tekanan yang tinggi.

Laju  tekanan yang digunakan 30 kali lebih lebih besar dari  tekanan  yang digunakan di tempat-tempat pencucian mobil.

Cara untuk memotong besi  dengan waterjets adalah dengan memastikan alirannya konsisten dan terarah kalau tidak akan gagal.

Yant dinutuhkan adalah waterjets yang mempunyai nozel  kecil dan mampu untuk fokus sepenuhnya memberi tekanan pada area-area pemotongan.

Menariknya, peralatan ini tidak akan mudah panas seperti alat pemotong besi yang lain.

Kecepatan waterjets

waterjets yang biasa digunakan untuk pemotongan bahan-bahan yang keras biasanya berkecepatan hampir 1450 kilometer per jam. Malah, dengan laju perkembangan teknologi masa kini, waterjets kini berkecepatan lebih 3700 kilometer per jam!

Disebabkan oleh kecepatan yang luar biasa ini, waterjets  mampu untuk memotong besi berukuran 0.0002 inci. Bayangkan, rambut manusia yang berujuran 0.0004 inci!

waterjets  bukan saja mampu memotong besi malahan juga batu marmer, kayu, granite dan banyak lagi.

Pengunaan waterjets  juga semakin luas apabila ia digunakan untuk membuang bahan-bahan di dalam terowong bawah tanah, mengukir, bahkan digunakan untuk senjata rahasia rahsia.(Erabaru.my/Yant)

This water beam can cut through almost everything 😲(y)

Dikirim oleh NTD Television pada 4 Maret 2017