Posisi Duduk Tidak Seburuk yang Anda Bayangkan

43
posisi duduk
Ilustrasi. (pixabay.com)

Posisi duduk memiliki reputasi yang buruk karena dikaitkan dengan penyakit jantung, diabetes tipe 2 dan kanker.

Sebuah penelitian oleh Universitas Sydney,  Australia,  menemukan bahwa tidak aktif itu sendiri tidak menyebabkan insiden diabetes yang lebih tinggi.

“Gaya hidup memiliki banyak komponen, bukan hanya duduk saja. Untuk orang yang banyak melakukan latihan fisik, posisi  duduk adalah bukanlah menjadi masalah serius, ” kata Emmanuel Stamatakis, peneliti dan profesor di Universitas Sydney.

Peneliti melacak hampir 5.000 pria usia paruh baya selama 13 tahun dan melihat seberapa lama mereka menghabiskan waktu  duduk di tempat kerja, selama waktu luang dan menonton TV.

Peneliti tidak menemukan hubungan antara duduk di tempat kerja atau rumah dengan peningkatan risiko diabetes, dan menemukan ada sedikit hubungan antara menonton televisi dengan diabetes, di mana peneliti lebih menitikberatkan pada faktor sosial seperti kesehatan mental buruk atau gemar ngemil.

Kelompok peserta penelitian adalah pekerja kantor di London yang banyak bergerak, sehingga peneliti mengatakan dapat membuat perbedaan.

“Kami tidak boleh lupa bahwa sampel penelitian kami adalah kelompok pekerja kantor yang sangat aktif secara fisik. Mereka berjalan selama kurang lebih 45 menit setiap hari yang mungkin melindungi mereka terhadap diabetes dan dalam hal ini tampaknya menghabiskan banyak waktu duduk bukanlah hal yang serius,” kata Emmanuel Stamatakis.

Jadi, pekerja kantor yang kurang gerak dapat menangkal risiko kesehatan kerjanya dengan cara lebih banyak bergerak.(NTDTV/Vivi/Yant)