Ajaib: Sakit di Dada yang Tak Diketemukan Penyebabnya Sembuh Berkat Shenyun

42
sakit di dada
Erhu alat musik tradisional Tiongkok.

Seorang pengusaha dari sebuah pabrik obat biokimia adalah seorang pria sejati, sejak duduk di bangku sekolah dasar sudah mulai bekerja, tidak ada yang tidak bisa dilakukannya, hanya ada hal yang tidak ingin dilakukan, ia seorang pria berwatak keras yang luar biasa energik, tidak mudah patah semangat, dan tidak pernah tunduk pada nasib. Tapi pria perkasa pun tak kuasa membendung siksaan penyakit, baru saja melewati usia 53 tahun, ia mulai sering merasakan sakit di dada, dadanya sesak, tidak bisa menghirup napas, dan mencari pengobatan kemana saja.

Semua jenis pemeriksaan telah dilakukan, tapi tidak ditemukan penyebab penyakitnya, terpaksa mencoba Pengobatan Tradisional Tiongkok (PTT). Disaat datang berobat, wajahnya agak kebiruan, tepi bibirnya menghitam, sorot matanya tajam namun membersitkan kecemasan. Pasien itu bertanya, “Dokter, teknologi modern sudah sangat maju, tapi masalah sakit di dada ini sudah diperiksa dengan berbagai metode, tetap tidak bisa ditemukan penyebabnya, mengapa begini? Bahkan ramuan yang saya buat sendiri dari bahan bermutu tinggi, tetap tidak membuahkan hasil!” ia menghela napas.

Saya mengatakan, “Bukankah kebanyakan dokter mengatakan Anda mengalami stres berat?” Ia menjawab, “Benar! Bahkan ada dokter yang menganjurkan saya ke dokter spesialis jantung untuk pengobatan. Apa tidak salah! Terkadang saya merasa tidak bisa menghirup napas, ditambah lagi sakit di dada, saya khawatir apakah saya akan mati dengan kondisi seperti ini? Masih banyak cita-cita saya yang belum terwujud!”

Saya katakan, “Tahukah Anda? Jantung Anda tidak sakit, yang sakit adalah jiwa Anda, di dalam istilah PTT disebut jiwa bersemayam di jantung, jantung adalah empunya seluruh organ tubuh. Apakah Anda sering sakit pinggang? sering tidak bisa tidur nyenyak?” Ia mengangguk. Saya berkata, “Itulah masalahnya, jantung dan ginjal Anda tidak harmonis, unsur air (ginjal) dan api (jantung) tidak saling mendukung, air ginjal tidak bisa menyeimbangkan api jantung, maka jiwa jantung menjadi tidak tenang, unsur panas dari jantung naik hingga ke kepala, maka tidur pun menjadi tidak nyenyak. Lama kelamaan, Qi (baca: chi, energi vital. Red.) di jantung menjadi lemah, sehingga mudah merasa sesak di dada, jantung berdegup kencang, di pagi hari sering merasa sakit di bagian dada.”

Kemudian saya pun melakukan tusuk jarum pada titik akupuntur Nei guan, Shen men, Zhong fu, Shao fu, San yin jiao dan Tai xi, setelah itu ia bisa ber¬napas jauh lebih lancar, lalu saya memberikan resep obat untuk menenangkan diri.

Setelah itu untuk beberapa waktu lamanya pasien ini tidak datang berobat, ternyata ia mencoba pengobatan alternatif lain dengan ramuan herbal, Tuina, dan pengeluaran darah, tapi tidak ada perkembangan, sehingga ia kembali lagi untuk berobat. ia mengatakan, efek tusuk jarum sangat baik, tapi ia sangat takut jarum, dan tidak suka minum obat. Saya katakan, “Anda ini ksatria tapi penakut. Menyelaraskan jiwa dan melancarkan peredaran Qi, cara terbaik adalah dengan tusuk jarum. Apa Anda mau obat bahagia?”

Dengan terheran-heran ia bertanya, “Apakah benar-benar ada obat semacam itu?” Saya menjawab, “Musik!” Ia berkata, “Saya tidak mengerti musik.” Saya jelaskan, “Musik adalah dialog yang bisa melampaui jiwa, yang merupakan seruan primitif dari jiwa manusia, tidak perlu mengerti, cukup dinikmati saja. Sekarang kebetulan sedang ada pertunjukan Shenyun Performing Arts di Taiwan, cobalah Anda saksikan.” Dia pun benar-benar pergi menyaksikannya.

Saat pertunjukan ketika dua senar pada alat musik Erhu melantunkan musik yang elok, tanpa disadari ia menangis, seiring dengan naik turunnya irama musik, si pengusaha yang tidak mengerti musik pun terus menangis berderai air mata, sampai-sampai membasahi bajunya. Awalnya ia berpikir dirinya seorang pria sejati, sejak memiliki ingatan ia tidak pernah meneteskan air mata, sekarang berderai air mata di tempat umum di hadapan banyak orang seperti ini sungguh memalukan, tapi betapa pun ia berusaha tetap tak kuasa menahan air mata.

Saya bertanya padanya, “Anda merasa bahagia, atau terharu, atau sedih?” Ia menjawab, “Semuanya bukan, tapi air mata saya terus mengalir tak terbendung, seolah seluruh jiwa saya dari dalam sampai keluar dibersihkan sampai tuntas, sangat nyaman. Untuk pertunjukan Shenyun tahun depan saya pasti akan datang lagi.”

Sebulan kemudian, ia datang berobat karena sakit tenggorokan. Saya sembari menanyakan sakit yang dulu pernah dideritanya, “ Sakit di dada Anda apakah masih sering kambuh?” Dengan gembira ia berkata, “Sungguh ajaib! Sejak menyaksikan pertunjukan Shenyun waktu itu, saya tidak pernah sakit di dada lagi, sampai-sampai saya pun sudah lupa kalau saya pernah mengalami sakit dada.”

Saya katakan, “Selamat. Anda sudah berubah total, musik sung¬guh luar biasa, bisa menembus jiwa raga dan menyembuhkan derita!”

Ia menambahkan, “Dokter, lain kali kalau ada lagi pertunjukan Shenyun di Taiwan, ingatlah untuk memberitahu saya!” Dalam hati saya berpikir, daya tarik penampilan Shenyun Performing Arts sungguh mengagumkan. (Epochtimes/Wen Pinrong/Sud)

Wen Pinrong seorang sinshe/dokter Pengobatan Tradisional Tiongkok.