Kera ini Mengasuh Anjing Kecil Seperti Anaknya Sendiri, Namun Kasih Sayang Mereka Harus Berakhir

50

Perbedaan spesies bukan masalah untuk membagi kasih sayang. Seekor kera betina di India sangat sayang terhadap seekor anak anjing dan mengasuhnya seperti anaknya sendiri.

Meskipun tak seorang pun yang mengetahui jodoh apa yang membuat kedua sepesies itu bertemu, tetapi perilaku penuh kasih sayang yang ditunjukkan kera betina itu telah menarik perhatian banyak orang. Tetapi setelah cerita mereka makin menyebar, mereka justru menghadapi nasib buruk.

Kera betina begitu sayang kepada anjing kecil itu, digendong seperti anaknya dibawa ke mana mana untuk mencari makanan. Ia selalu diberi makan terlebih dahulu sebelum dirinya, meskipun sedang lapar.

Banyak orang yang berhati baik akan menyisakan sedikit makanan buat mereka. Saat kera mengetahui ada makanan yang memang diperuntukkan mereka, maka ia akan memberikan kepada anjing kecil itu, biar kenyang terlebih dahulu baru dirinya yang makan. Hal ini mencerminkan jiwa pengorbanan seorang ibu.

Ketika datang anjing lain yang hendak mendekati si kecil atau mau merebut makanan, kera betina bisa menunjukkan sikap keras yang tidak mau diganggu gugat untuk mempertahankan makanan dan melindungi anjing kecil, ánaknya´.

Cerita tentang kedua binatang lain spesies tetapi bisa hidup berdampingan dengan cepat menyebar ke seluruh negeri.

Meskipun mereka berdua terjalin hubungan batin yang mendalam, tetapi  ada orang yang memberi komentar bahwa kera tidak cocok untuk mengurus anjing, karena kera akan membawa anjing naik pohon, yang mungkin bisa membahayakan anjing bila ia sampai jatuh. Karena itu, konon kedua binatang itu sudah dipisahkan secara paksa.

Dari sikap yang telah ditunjukkan oleh kera betina bisa kita lihat bahwa ia sudah menganggap anjing kecil sebagai anaknya, sekarang dipisahkan orang secara paksa, hati kera pasti sedih. Semoga saja mereka masih bisa bertemu kembali di waktu mendatang. (sinatra/rp)