Erabaru.net. Apa yang Anda lakukan ketika rasa lapar menyerang sebelum tidur? Apakah Anda mengambil buah atau apakah Anda mengudap beberapa cokelat? Yah, mungkin sulit untuk menghentikan rasa lapar dan tidur tanpa menggigit sesuatu.

Mengonsumsi buah favorit adalah pilihan yang lebih baik daripada menenggak cheeseburger atau es krim. Tetapi pastikan bahwa Anda menyimpan ukuran porsi kecil untuk menghindari gula dan kalori yang berlebihan.

Memuaskan gigi manis Anda sebelum tidur dengan sepotong melon manis atau stroberi adalah bagus. Tapi jangan memanjakan diri dengan camilan manis pada larut malam.

Makan buah sebelum tidur

Bila Anda benar-benar ingin ngemil menjelang tidur, maka makan buah adalah pilihan yang baik. Buah mengandung vitamin, mineral, fitokimia dan serat. Makan buah segar lebih bergizi daripada makan camilan yang diperkaya dengan gula dan berlemak.

Buah apa yang dimakan sebelum tidur?

Jika rasa lapar mulai menghantam Anda sebelum tidur, ini adalah beberapa buah yang bisa Anda makan: pisang, apel, pir, dan buah kaya serat lainnya.

Menurut Ayurveda, harus ada jedah waktu yang tepat antara makan makanan dengan makan buah, karena kedua hal tersebut memberi efek yang berbeda pada sistem pencernaan.

Buah sangat mudah dicerna dan akan didorong dari lambung ke dalam usus

Makan makanan yang kaya akan protein dan serat memerlukan waktu yang lebih lama untuk dicerna, maka dianjurkan untuk makan buah menjelang malam.

Beberapa ahli gizi menyarankan untuk tidak makan apa pun menjelang tidur, karena dapat mengganggu tidur dan mengeluarkan banyak gula, sehingga terjadi lonjakan energi.

Akankah buah menambah berat badan?

Sebagian besar buah adalah rendah kalori, sehingga tidak akan menambah berat badan dengan mudah. Makan semangkuk es krim dengan buah akan menambah berat badan.

Setelah makan malam, Anda dapat makan sebuah pisang menjelang tidur, namun pastikan ada jedah waktu antara waktu tidur dengan makan. Jangan makan pisang setiap hari, karena akan menambah berat badan.

Apakah buah menyebabkan masalah pencernaan?

Untuk penderita masalah pencernaan seperti sindrom iritasi usus, maka makan buah akan menyebabkan masalah. Dalam hal ini, makan buah menjelang tidur akan menyebabkan masalah lambung dan mengganggu tidur, sehingga merasa lelah.

Buah yang mengandung kadar asam yang tinggi seperti nanas dan jeruk sering menimbulkan masalah pada penderita aliran balik asam lambung, maka hindari makan buah semacam ini.

Untuk penderita diabetes, makan buah dapat menimbulkan masalah, karena gula alami yang terkandung di dalam buah akan meningkatkan kadar gula darah. Konsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui buah yang cocok untuk Anda makan.(vivi/yant)

Sumber: boldsky

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

 

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds