Erabaru.net. Maret 2017 lalu, sepenggal video tentang “air terjun pasir” jadi viral di internet, ini adalah fenomena alam yang terjadi di wilayah selatan Riyadh, Arab Saudi.

Pasir meluncur ke bawah tebing layaknya air terjun, bahkan dari kejauhan benar-benar terlihat seperti air terjun besar.

Fenomena alam langka ini terjadi menjelang musim badai pasir yang kerap terjadi di wilayah ini, biasanya terjadi setelah hujan lebat hingga pasir gurun bergerak terbawa air hujan.

Sebelumnya video yang sama pernah beredar pada April 2017 yang diposting di Instagram oleh @Tausiyahcinta. Dalam penjelasannya disebutkan bahwa fenomena tersebut terjadi di wilayah selatan Riyadh, di Desa Al Aflaj.

Selain video ini, juga ada pemandangan serupa di dekat Riyadh yang direkam orang lain.

Dalam tayangan video lain ini tampak pasir jatuh seperti air terjun:

Terjadinya air terjun pasir yang berada di sekitar Riyadh ini karena hujan lebat yang membanjiri gurun sehingga pasir bergerak terbawa banjir.

Tak disangka, di banyak bagian wilayah Arab Saudi akan menjadi lanskap baru berupa “air terjun pasir” alami karena dampak hujan lebat.

Tidak banyak sungai permanen di Arab Saudi, namun banyak daratan yang pada umunya merupakan dasar sungai yang kering (Wadi) yang akan banjir jika hujan lebat datang.

Dalam sebuah editorial disebutkan, bahwa fenomena ini terjadi kemungkinan karena perubahan iklim, Alam memang benar-benar menakjubkan! (jhn/rpg)

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds