Nyala Lilin Malam Monumen Washington Mengenang Keyakinan yang Mencoba Dibunuh di Tiongkok

WASHINGTON — Selama 13 tahun terakhir, Gao Weiwei telah datang ke Washington untuk mengingat kakak perempuannya, Gao Rongrong, yang disiksa habis-habisan karena keyakinannya dan meninggal karena luka-lukanya pada tahun 2005.

Gao Rongrong adalah seorang praktisi Falun Gong, sebuah disiplin spiritual tradisional Tiongkok dengan puluhan juta praktisi. Juga dikenal sebagai Falun Dafa, dilarang oleh Partai Komunis Tiongkok (PKT) pada tahun 1999 dan telah mengalami hampir 20 tahun penganiayaan berat.

Pada malam 22 Juni, Gao Weiwei bergabung dengan sekitar 3.000 rekan sepelatihan di ibukota AS untuk ambil bagian dalam nyala lilin malam, yang diadakan tahun ini di depan Monumen Washington. Acara ini menghormati jutaan praktisi Falun Gong yang telah mengorbankan kebebasan mereka, mata pencaharian, atau bahkan hidup mereka untuk tetap teguh dalam iman mereka, meskipun kampanye PKT untuk memusnahkannya.

“Tak terhitung orang yang dianiaya hingga meninggal di daratan Tiongkok, termasuk adik perempuan saya Gao Rongrong,” kata Gao Weiwei. “Di negara kami, kami tidak memiliki kesempatan untuk menghormati mereka di depan umum.”

perayaan malam mengenang korban kekejaman partai komunis tiongkok
Praktisi Falun Gong mengambil bagian dalam nyala lilin untuk memperingati praktisi yang terbunuh di Tiongkok karena keyakinan mereka, di Washington pada 22 Juni 2018. (Samira Bouaou / The Epoch Times)

Gao Rongrong adalah seorang akuntan dari kota Shenyang di Tiongkok timur laut. Pada 2004, ketika berada dalam tahanan polisi, petugas menyetrumnya dengan tongkat listrik selama berjam-jam, memperkosanya dengan kejam. Tahun berikutnya, dia meninggal di rumah sakit. Saudara perempuannya, Gao Weiwei dan Gao Lili, dapat beremigrasi ke Amerika Serikat.

“Praktisi Falun Dafa berkultivasi sesuai dengan prinsip tertinggi di alam semesta: kebenaran, kasih sayang, toleransi, [Sejati-Baik-Sabar]” kata Gao Weiwei. “Setiap tahun di Amerika, malam peringatan seperti ini sangat penting, karena memungkinkan kita untuk mengingat mereka, untuk mengingat bagaimana orang-orang ini dapat menyerahkan hidup mereka sendiri demi prinsip-prinsip tertinggi di alam semesta. Itu bukan untuk diri mereka sendiri; demi semua orang di dunia, agar mereka tahu yang sebenarnya.”

perayaan lilin malam di washington untuk mengenang para korban kekejaman partai komunis tiongkok
Gao Weiwei menghormati saudara perempuannya, Gao Rongrong, yang dibunuh di Tiongkok komunis karena keyakinannya pada Falun Gong, di Washington pada 22 Juni 2018. (Samira Bouaou / The Epoch Times)

Wang Xiuxia, juga dari Shenyang, kehilangan kakak perempuannya, Wang Xiuyuan, dalam penganiayaan. Petugas polisi Tang Yubao memukulkan kepalanya ke pemanas, menyebabkan pendarahan hebat. Dengan memuntahkan cairan kehijauan, ia meninggal seminggu setelah pembebasannya pada 2004 setelah mengalami berbagai bentuk penyiksaan.

Jumlah orang yang meninggal dalam penganiayaan Falun Gong tetap tidak diketahui karena sensor ketat oleh otoritas PKT. Tetapi tragedi Gao Rongrong dan Wang Xiuyuan hanyalah dua di antara mereka yang terdiri dari lebih dari 4.000 praktisi yang dikonfirmasi telah dibunuh oleh penyiksaan dan pelecehan. Angka sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi, dikarenakan kesulitan mendapatkan informasi dari Tiongkok.

perayaan lilin malam mengenang korban penganiayaan partai komunis cina tiongkok
Praktisi Falun Gong ikut serta dalam nyala lilin untuk memperingati praktisi yang terbunuh di Tiongkok karena keyakinan mereka, di Washington pada 22 Juni 2018. (Benjamin Chasteen / The Epoch Times)

Selain itu, jumlah yang tak terhitung jumlahnya telah dibunuh dengan paksa, dalam pengambilan organ hidup. Menurut mantan jaksa mahkota Kanada dan Sekretaris Negara (Asia-Pasifik) David Kilgour, praktisi Falun Gong telah menjadi sumber utama organ untuk industri transplantasi besar Tiongkok. Kilgour menggambarkan penjarahan massal organ para praktisi tersebut sebagai “genosida.”

Wang Xiuxia terus menghadapi penangkapan dan pelecehan sejak saat kematian saudara perempuannya. Dari tahun 2003 hingga 2009, ia menjadi tunawisma dan harus pindah di antara tempat persembunyian yang berbeda. Pada 2016, ia tiba di Amerika Serikat dan mencari suaka. Dia sekarang tinggal di Flushing, New York.

korban kekejaman pertai komunis tiongkok cina
Rao Zhuoyuan bersama putrinya Deru. Rao meninggal pada 2002 setelah menderita pemukulan berat saat ditahan karena berlatih Falun Gong. (Minghui)

“Setelah datang ke Amerika Serikat, negara bebas ini, saya ingin lebih gigih dalam kultivasi saya dan mengungkap penganiayaan. Tidak peduli seberapa maraknya kejahatan, itu tidak akan menghentikan kami berjalan di jalur ini,” katanya. Para praktisi Falun Gong mengacu pada disiplin mereka sebagai latihan kultivasi diri, karena mereka berusaha memperbaiki tubuh, pikiran, dan jiwa mereka.

Praktisi Falun Gong Lin Qian, dari Guangzhou di Tiongkok selatan, datang ke Amerika Serikat bersama putrinya, Rao Deru, pada tahun 2007. Pada tahun 2002, suaminya, Rao Zhuoyuan, meninggal karena pemukulan berat dan penyiksaan di tangan polisi setempat dan Kantor 610, komisi eksekutif PKT yang bertugas menganiaya Falun Gong. Dia baru 34 tahun saat itu.

Berada di Amerika Serikat memenuhi hati Lin dengan campuran kebahagiaan dan kesedihan. Putrinya, Deru, kini berusia 20-an dan melakukan tarian klasik Tiongkok dengan Shen Yun Performing Arts, sebuah perusahaan yang berbasis di New York yang melakukan tur ke seluruh dunia.

“Dia menerima pendidikan yang sangat bagus setelah datang ke sini,” kata Lin. “Dia bisa menulis makalah dan puisi dalam bahasa Tiongkok dan Inggris.”

Namun selain dari almarhum suaminya, Lin juga meninggalkan ibunya, yang sekarang berusia 90-an. Mereka belum bisa bertemu satu sama lain sejak kepergiannya.

“Saya ingin semua orang di dunia tahu bahwa penganiayaan ini masih berlanjut,” kata Lin. “Saya berharap bahwa suatu hari orang-orang di Tiongkok akan dapat berlatih Falun Gong secara terbuka, seperti yang pernah mereka lakukan.” (ran)

praktisi Falun Gong Falun Dafa mengenang korban kekejaman partai komunis cina tiongkok
Praktisi Falun Gong mengambil bagian dalam nyala lilin untuk memperingati praktisi yang terbunuh di Tiongkok karena keyakinan mereka, di Washington pada 22 Juni 2018. (Samira Bouaou / The Epoch Times)

ErabaruNews