Erabaru.net. Menurut NASA, gerhana Bulan total berikutnya diperkirakan akan terjadi pada akhir bulan ini yang dapat disaksikan oleh seluruh penduduk Bumi selama sekitar empat jam. Gerhana Bulan ini akan terjadi karena Bumi akan memblokir semua cahaya yang dipantulkan secara normal dari satelit utamanya. Peristiwa seperti itu biasanya disertai dengan hilangnya cahaya biru yang membuat Bulan tampak merah. Ini dikenal sebagai ‘blood moon’ dan mungkin terjadi pada malam tanggal 27 Juli yang akan datang.

(Foto: Fitur NASA / JSC)

Apa yang menarik dengan fenomena gerhana kali ini adalah dapat disaksikan oleh semua orang di Amerika Selatan, Afrika dan Asia. Gerhana ini dikatakan sebagai gerhana terpanjang abad ini dan akan terjadi pada awal musim gugur.

Gerhana Bulan total ini memiliki tiga fase yang berbeda: tahap penumbra awal, tahap umbra (di mana ia benar-benar hitam total) dan tahap penumbra akhir.

Dengan demikian, pengamat di London, Inggris, akan melihat tanda pertama penumbra sekitar pukul 11: 20 malam. Mereka yang di India akan melihat permulaan penumbra awal pada sekitar pukul 10:45 dan penumbra kedua akan berlangsung sekitar 01:10 pagi.

‘Blood Moon’ terjadi ketika penumbra atau umbra Bumi terjadi. Oleh karena itu, orang dapat melihat fenomena ini ketika cahaya biru ‘terkikis’ karena umbra. Fenomena ini mungkin akan menjadi pemandangan yang menakjubkan. Gerhana pada tanggal 31 Januari lalu juga dikenal sebagai ‘Super Blue Blood Moon’ karena peristiwa ini.

(Foto: Peter Alfred Hess @ flickr)

Para ilmuwan dan ahli memperkirakan bahwa tidak akan ada lagi fenomena gerhana selama 18 tahun setelah 27 Juli nanti. Gerhana akan terjadi lagi pada tahun 2036 ketika gerhana Bulan total akan berlangsung. Dalam peristiwa tersebut kemungkinan besar akan terjadi pembentukan umbra yang hanya berlangsung sekitar 45% dari seluruh permukaan Bulan.

Namun, fenomena itu mungkin atau mungkin tidak menghasilkan ‘bulan darah’ yang menarik. Gerhana yang akan terjadi pada 2036 mendatang diperkirakan akan berlangsung selama 95 menit, sedangkan fenomena 2018 akan berlangsung selama 103 menit.

Tandai kalender agar Anda tidak melewatkannya untuk menyaksikan fenomena alam yang menakjubkan ini!(yant)

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds