Ajaran dasar kepercayaan Tiongkok kuno adalah ketaatan berbakti, atau merawat orang tua. Baik Raja Wen dan putranya Raja Wu adalah contoh yang sangat baik dari cita-cita ini.

Kesalehan Anak Terhadap Orang Tua dari Raja Wen

Raja Wen dari Dinasti Zhou, juga dikenal sebagai Ji Chang, adalah seorang raja yang bijak dalam sejarah Tiongkok. Meskipun ia memerintah selama akhir Dinasti Shang, ia kemudian diberi gelar kehormatan pendiri Dinasti Zhou. Dia adalah ayah dari Raja Wu dari Zhou, kaisar pertama dari Dinasti Zhou, dan bangsawan dengan pangkat turun-temurun tertinggi Zhou.

Raja Wen dari Zhou sangat setia kepada orang tuanya. Menurut catatan sejarah, ketika Raja Wen adalah seorang pangeran, dia akan mengunjungi ayahnya tiga kali sehari. Setiap hari, setelah mendengar kokok ayam jantan, dia bangun dan pergi menemui ayahnya. Dia akan berdiri di luar pintu ayahnya dan menanyakan apakah kondisinya semua berjalan lancar, dan kemudian dia dengan merasa puas kembali ke kamarnya.

Jika ayahnya tidak merasa baik, para pelayan akan melapor kepada Raja Wen. Setelah mendengar itu, dia sangat khawatir sehingga dia bahkan tidak bisa berjalan dengan mantap. Baru setelah melihat bahwa ayahnya telah pulih sepenuhnya, langkahnya kembali normal. Setiap kali sebelum Raja Wen mengirimkan makanan kepada ayahnya, dia akan memeriksa apakah makanannya terlalu dingin atau terlalu panas, dan apakah rasanya enak atau tidak. Setelah ayahnya selesai makan, dia akan menanyakan jenis hidangan apa yang dia suka dan apakah dia memiliki selera yang sama seperti sebelumnya. Kemudian dia akan meminta para koki untuk mempersiapkan apa yang dibutuhkan ayahnya. Dia melakukan ini setiap hari tanpa lalai.

ketaatan berbakti pada orang tua raja wu dinasti zhou
Raja Wu dari Dinasti Zhou. (Public Domain)

Konfusius Memuji Kesalehan Raja Wu

Putra kedua Raja Wen, Ji Fa, yang kemudian dikenal sebagai Raja Wu dari Zhou, mengikuti jejak ayahnya dan sangat bijaksana, bahkan ketika mengurus masalah kecil.

Menurut catatan sejarah, suatu ketika, ketika Raja Wen sakit, Ji Fa melayaninya di sisi siang dan malam tanpa mengganti pakaiannya. Baru ketika Raja Wen makan sesuap nasi, Ji Fa juga makan sesuap. Jika Raja Wen makan semangkuk nasi, Ji Fa juga akan menambahkan semangkuk nasi untuk dirinya sendiri. Ini berlangsung selama 12 hari. Baru ketika Raja Wen pulih, Ji Fa merasa tenang.

Kemudian, setelah Raja Wen meninggal, Raja Wu (Ji Fa) mengambil alih posisi ayahnya. Pada saat itu, Raja Zhou dari Dinasti Shang sangat tiran dan semua orang mengeluh tentang dia. Dengan demikian, Raja Wu menggulingkan Raja Zhou dan menjadi raja pertama Dinasti Zhou. Kakak laki-lakinya, bangsawan tertinggi Zhou, melanjutkan warisan ayah mereka dan memerintah dengan belas kasih.

Kemudian, Konfusius memuji kesalehan Raja Wu sebagai contoh bagi semua orang di dunia untuk mengikuti. (ran)

ErabaruNews

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds