Erabaru.net. Salah satu kebiasaan yang sering kita lakukan sebelum tidur pasa zaman sekarang ini adalah melihat atau bermain dengan smartphone. Kebiasaan yang bukan hanya membuat badan tidak istirahat sebelum kita pergi tidur, tetapi sebenarnya tidak sehat dan berbahaya bagi tubuh, terutama ketika kita berbaring dengan posisi miring.

(Foto: TVBS)

Seorang gadis berusia 16 tahun dari Kaohsiung di Taiwan mengeluh sakit di bagian belakang tubuhnya, dan oleh ibunya dia dibawa ke dokter di rumah sakit untuk pemeriksaan medis. Setelah mendapatkan saran ahli bedah ortopedi, tes X-ray dilakukan di bagian belakang. Hasil tes tersebut sangat mengejutkan gadis remaja ini dan ibunya!

Sinar X-ray telah menunjukkan bahwa sisi kiri tulang belakang telah menelngkung sangat serius 50 derajat. Setelah bertanya pada gadis itu, dokter yang memeriksanya telah menyimpulkan bahwa tulang belakangnya yang melengkung adalah karena kebiasaannya bermain smartphone di tempat tidur sambil berbaring dalam posisi miring. Menurut dokter ini lagi, kondisi ini telah memberikan tekanan lebih pada sisi kanan, terutama di ‘vertebra torakal’ dan ‘tulang belakang lumbar’.

(Foto: TVBS)

Dokter ini menjelaskan remaja putri itu jarang berolahraga sehingga otot-otot utamanya tidak cukup kuat untuk menopang tubuhnya dalam posisi itu untuk waktu yang lama. Tentu saja, ini bukan satu-satunya pasien yang mengalami masalah dengan bagian postur tubuhnya. Dokter juga telah menerima seseorang pasien yang tulang belakangnya melengkung 38 derajat.

Kasus tulang belakang melengkung ini terjadi karena pasien remaja itu sering melihat ke arah smartphone membungkuk dan merupakan postur tubuh yang tidak sehat yang sangat berbahaya bagi pembentukan tulang belakang. Dokter ini menyarankan masyarakat untuk memastikan mereka menggunakan ponsel pintar dengan postur yang benar.

(Foto: TVBS)

Jadi, pastikan Anda menjaga postur tubuh Anda dengan baik saat menggunakan smartphone. Jangan berbaring dan miring dalam waktu yang terlalu lama, saat bermain dengan smartphone. Dan jangan terlalu terlena dan asyik untuk menjelajah smartphone sehingga membahayakan kesehatan diri Anda sendiri. (yant)

Sumber: erabaru.my

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds