Erabaru.net. Strawberry atau stroberi siapa yang tak kenal dengan buah yang satu ini. Buah ini tidak hanya memiliki penampilan yang indah, dengan warna merah yang menggoda. Si buah merah yang rasanya asam-asam manis ini mengandungg banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Buah ini kaya manfaat untuk kesehatan.

Dibalik rasanya yang asam manis, kandungan nutrisi yang terdapat di dalam stroberi sangat tinggi. Buah ini mengandung vitamin C, kalsium, magnesium, sodium, potasium, seng, besi, asam folat, beta karoten, serta anti-oksidan dan beragam vitamin lainnya.

Stroberi juga mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Serat makanan yang terkandung di dalam stroberi dapat membantu menjaga kesehatan sistem pencernaan dan juga menurunkan kadar gula darah.

Kandungan senyawa kimia yang bernama fenol, bermanfaat dalam melawan gangguan inflamasi seperti osteoarthritis, asma, dan aterosklerosis dengan cara menghambat enzim Cyclooxygenase (COX), cara yang sama seperti fungsi aspirin dan ibuprofen.

Serat yang tinggi, folat, antioksidan (vitamin C dan flavonoid), serta rendahnya lemak dalam buah stroberi secara serempak menjadi suatu paket yang ideal bagi kesehatan jantung, hal ini karena senyawa-senyawa tersebut secara efektif dapat mengurangi kolesterol.

Beberapa kandungan lain seperti vitamin B yang terdapat dalam buah stroberi juga berperan memperkuat otot jantung dan membantu menjaga fungsi jantung yang lebih baik.

Demikan juga dengan antioksidan quercetin, kaempferol, dan antosianin semuanya telah terbukti mengurangi pembekuan darah yang berbahaya yang dapat menyebabkan stroke.

Khasiat stroberi :

Mengencangkan Kulit

Stroberi yang dikonsumsi secara teratur dapat mengencangkan, menghaluskan, serta membuat warna kulit lebih cerah dan bersih. Selain dengan mengonsumsinya secara teratur, Anda juga bisa mencoba resep ‘homemade’ lulur stroberi ini agar kulit Anda lebih ‘kinclong’.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan flavonoid, vitamin C, serta yang lainnya juga dapat membantu memulihkan dan menjaga kesehatan mata dari penyakit katarak dan degenerasi makula.

Mengendalikan gula darah

Stroberi memiliki indeks glikemik yang rendah dan tinggi serat, yang membantu mengatur gula darah agar tetap stabil untuk menghindari peningkatan atau penurunan kadar gula yang ekstrim.

Para peneliti baru-baru ini menemukan bahwa makan sekitar 37 buah stroberi dalam sehari, secara signifikan dapat mengurangi komplikasi diabetes seperti penyakit ginjal dan neuropati. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa fisetin dan flavonoid mendukung kelangsungan hidup neuron, bersamaan dengan pencegahan komplikasi kedua ginjal.

Mencegah penyakit kanker

Asam ellagik, kuersetin, dan sejumlah vitamin lainnya yang terkandung dalam stroberi dapat melumpuhkan sel kanker dan jaringannya, ditambah dengan kandungan antioksidan menjadikan buah stroberi ini sangat ampuh dalam menghambat pertumbuhan kanker prostat, kanker kulit, kanker payudara, dan juga kanker hati.

Membuang zat beracun

Buah ini secara alami dapat menyingkirkan ion logam berat dari dalam tubuh.

Membantu menurunkan berat badan

Anthocyanin, sebagai antioksidan utama, dapat meningkatkan produksi hormon dalam tubuh yang disebut dengan adiponectin. Hormon ini dapat meningkatkan metabolisme dan menekan nafsu makan Anda. Selain itu air dan kadar serat dalam buah stroberi juga dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Memperlancar pencernaan

Khasiat stroberi dengan kandungan seratnya yang tinggi mampu melancarkan serta menyehatkan pencernaan Anda. Gangguan pencernaan biasanya akan menghambat penyerapan makanan pada sistem pencernaan.

Tips memilih stroberi :

Lihat bentuk/ukuran

Saat membeli buah stroberi, banyak orang yang memilih ukuran besar, dengan anggapan rasanya lebih manis. Padahal, anggapan itu tidak selalu benar. Stroberi berukuran kecil dan sedang biasanya memiliki rasa yang lebih manis dan lezat.

Lihat warna

Hindari Stroberi yang warnanya merah kusam. Pilihlah buah yang memiliki warna merah terang,. Warna merah yang cerah menandakan bahwa buah tersebut sudah matang.

Lihat permukaan

Permukaan kulitnya harus mulus dan tidak ada bagian yang lembek, dan cacat. Cari tangkai yang masih hijau, itu menandakan buah stroberi baru dipetik dan masih segar.

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds