Erabaru.net. Lubang misterius menggemparkan warga di Sukabumi. Warga pun berdatangan ke lokasi lubang lingkaran berdiameter sekitar enam meter.

Lokasi lubang ini muncul di Kampung Legoknyenang, Desa Sukamaju, Kecamatan Kadudampit, Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Bahkan, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Susatyo Purnomo Condro langsung melakukan cek lokasi pada Sabtu (08/09/2018).

Melansir dari situs esdm.go.id, Pusat Air Tanah Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi, Badan Geologi Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) langsung mengirimkan Tim lapangan menuju lokasi.

Berdasarkan pantauan Pusat Air Tanah Geologi Tata Lingkungan Badan Geologi, lubang amblesan berbentuk oval dengan dimensi panjang 6,5 meter, lebar 4 meter, dengan kedalaman 6 meter.

Temuan lebih lanjut menunjukkan, lokasi titik amblesan terletak di atas terowongan tanah yang dialiri air.

Terowongan tersebut berukuran panjang +- 50 meter, dengan mulut outlet terowongan tinggi 3,2 meter, lebar 2,5 meter.

Hingga kini pengamatan tim di lapangan, menyebutkan, penyebab terjadinya amblesan adalah adanya terowongan tanah (tanpa konstruksi penguat pada dinding dan atapnya) yang melintas tepat di bawah lubang amblesan.

Laporan ini menyebutkan, dinding dan atap terowongan tanah tersebut sedikit demi sedikit tergerus oleh aliran air sehingga menyebabkan adanya rongga bawah tanah yang semakin membesar.

Ini juga diakibatkan tidak kuat menahan beban tanah diatasnya yang mengalami penambahan tingkat kejenuhan tanah akibat mulai turunnya hujan.

Adanya lubang misterius diyakini bentuknya seperti sinkhole. Fenomena alam seperti ini sebelumnya sudah terjadi pada belahan dunia lainnya.

Misalnya, fenomena menghebohkan pada 2013 silam, muncul lubang besar (sinkhole) seluas 300 meter persegi dan kedalaman hingga 9 meter di Guangzhou, Tiongkok.

Kejadian munculnya lubang besar di Tiongkok ini menyebabkan, sebanyak 6 bangunan terdiri 5 toko dan 1 gedung langsung ambruk.

Bangunan yang langsung ambles ketika itu, membuat warga kaget. Bahkan, ada warga yang mengira bahwa tibanya hari kiamat.

Amblesnya bangunan di kota di Tiongkok ini bukan yang pertama kalinya. Sebelum kejadian ini, sebuah pusat perbelanjaan sempat ambruk. (asr)

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds