Erabaru.net. Telur merupakan salah satu sumber protein hewani yang banyak disukai orang. Telur dapat dimasak sesuai dengan selera masing-masing mulai dari dengan cara direbus, digoreng atau bahkan dibuat telur sambal balado. Beragam olahan makanan dari telur tersebut memiliki citarasa yang berbeda.

telur

Dibandingkan dengan jenis makanan yang lain, terutama dalam hal nutrisi, telur disebut sebagai super food atau makanan super.

Telur memiliki beragam manfaat bagi kesehatan karena mengandung banyak nutrisi dimana salah satunya adalah sebagai sumber protein, yang sangat bagus untuk meningkatkan kecerdasan otak, pembentukan otot serta beragam manfaat yang lain.

Berikut sejumlah manfaat telur :

1. Menguatkan otak

Telur memiliki efek yang besar pada sistem syaraf dan perkembangan tubuh, diantaranya kolin yang terkandung dapat meningkatkan daya ingat dari segala usia.

2. Melindungi organ hati

Protein dalam telur memiliki efek pemulihan terhadap kerusakan jaringan hati, sementara lesitin dalam kuning telur dapat mendorong regenerasi sel-sel hati. Selain itu juga dapat meningkatkan jumlah protein plasma atau protein darah dan meningkatkan fungsi metabolisme serta kekebalan tubuh.

3. Mencegah aterosklerosis, (pengerasan pembuluh darah arteri yang membawa darah dari jantung untuk dialirkan ke seluruh tubuh)

Ahli gizi di Amerika Serikat dan pekerja medis menggunakan telur untuk mencegah dan mengatasi gejala aterosklerosis, dan hasilnya sangat tak terduga.

Mereka mengekstrak lecitin dari telur, walnut / kacang kenari, kemudian memberi makan 4-6 sendok makan setiap hari kepada pasien kardiovaskular atau penderita sakit jantung. Tiga bulan kemudian, kolesterol serum pasien menurun secara signifikan dan mendapatkan efek yang memuaskan.

4. Mencegah kanker

Berdasarkan analisis kejadian kanker pada manusia di seluruh dunia, ditemukan bahwa kejadian kanker berbanding terbalik dengan asupan selenium. Sementara telur kaya akan selenium.

5. Menunda penuaan

Salah satu pengalaman panjang umur dari sejumlah besar manula/lansia yang berusia panjang adalah wajib makan satu butir telur setiap hari.

6. Melindungi dan merawat (kecantikan) kulit

Telur juga kaya dengan zat besi yang berperan dalam produksi darah dan transportasi oksigen dan nutrisi dalam darah. Kecantikan wajah seseorang yang merona kemerahan/cerah itu tidak dapat dipisahkan dari zat besi.

Jika kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia defisiensi (zat) besi, membuat wajah seseorang tampak pucat, kusam dan kulit kehilangan kecerahannya. Jadi, jelaslah bahwa telur memang salah satu makanan penting untuk menjaga kecantikan kulit. (jhn/yant)

Sumber: pixpo.net

Apakah Anda menyukai artikel ini? Jangan lupa untuk membagikannya pada teman Anda! Terimakasih.

Video Rekomendasi:

Share

Video Popular

Ad will display in 09 seconds