Anak-anak Uighur Diculik oleh Negara, Dimasukkan ke ‘Panti Asuhan’ Xinjiang

Anak-anak Uighur yang orangtuanya menjadi tahanan di kamp “pendidikan ulang politik” atau tinggal di pengasingan sedang ditempatkan di “panti asuhan” yang dikelola negara di Xinjiang oleh pemerintah setempat, seorang ayah yang trauma telah mengatakan kepada The Epoch Times.

Tahun lalu, pengusaha Uighur kelahiran Xinjiang, Adel Abdukadir, 50 tahun, yang saat ini tinggal di pengasingan di Turki, mengalami empat anak-anaknya yang berusia 3 hingga 8 tahun diambil oleh pihak berwenang di Xinjiang. Anak-anak itu ditempatkan di sebuah “panti asuhan” di wilayah terpencil barat laut Tiongkok dan sejak itu dia kehilangan kontak dengan mereka. Dia mengatakan kepada The Epoch Times bahwa dia khawatir karena dia tidak tahu apakah dia akan dapat melihat mereka lagi.

nasib anak muslim uighur di xinjiang cina tiongkok
Abdukadir bersama istri dan keempat anaknya. (Supplied)

Berita tersebut mengikuti perintah-perintah oleh Chen Quango, Sekretaris Partai Komunis Tiongkok (PKT) di Xinjiang, untuk merelokasi semua “anak yatim” di Xinjiang ke fasilitas negara pada tahun 2020.

Kebijakan PKT di Xinjiang tersebut mendefinisikan “anak yatim” sebagai “anak-anak yang kehilangan orangtua mereka atau yang orangtuanya tidak dapat ditemukan.” Di bawah perintah tersebut, anak-anak dirawat dengan “cara tersebar,” seperti di bawah perawatan anggota keluarga besar, dapat juga ditempatkan di lembaga-lembaga.

Ketika Tiongkok mengatakan panti asuhan telah membantu anak-anak yang kurang beruntung dan “meningkatkan standar hidup mereka,” seorang pekerja Uighur di panti asuhan di Xinjiang selatan menggambarkan kondisinya sebagai “sangat sesak” dan “mengerikan,” dengan anak-anak berusia antara enam bulan dan 12 tahun “terkunci seperti hewan ternak di dalam gudang,” Radio Free Asia melaporkan pada bulan Juli 2018.

Mantan istri, ibu, dan saudara laki-laki Abdukadir juga dipenjarakan, dan adik perempuannya Amina meninggal ketika diinterogasi oleh pihak berwenang di salah satu kamp pengasingan di Xinjiang.

Sebagai bagian dari kampanye yang meningkat yang dinamakan “pukulan tajam,” yang dikatakan PKT bertujuan untuk menindak terorisme, ekstremisme agama, dan separatisme di negara tersebut, rezim Tiongkok telah menahan “lebih dari satu juta” orang Uighur di Xinjiang, menurut angka yang dikutip oleh Komisi Eksekutif Kongres AS tentang Tiongkok dan PBB.

Awal pekan ini, Menteri Luar Negeri Inggris Jeremy Hunt mengatakan para diplomat Inggris yang mengunjungi Xinjiang pada Agustus membenarkan bahwa laporan etnis minoritas seperti orang-orang Uighur yang ditahan di kamp-kamp pengasingan massal di Xinjiang “secara umum tepat”.

Pernyataan Inggris tersebut datang hanya tujuh hari sebelum PBB diatur untuk pertemuan dan meninjau ulang status Tiongkok sebagai anggota tetap dewan keamanan sebelum panel hak asasi manusia di Jenewa diadakan pada 6 November.

MAKIN PARAH SETELAH PERJALANAN KE TURKI

Serangkaian peristiwa mengerikan datang setelah Abdukadir melakukan perjalanan ke Istanbul, Turki, bersama istrinya, Meripet, untuk mengunjungi kerabat pada Maret 2017. Empat anak mereka ditinggalkan dalam perawatan ibu dan saudara iparnya di rumah mereka di Urumqi, Ibukota Xinjiang.

“Istri saya memiliki beberapa kerabat di sini [di Turki], dan kami berencana untuk segera kembali,” kata Abdukadir kepada The Epoch Times dalam sebuah wawancara telepon dari Istanbul.

Namun hanya sedikit yang Abdukadir ketahui bahwa keputusannya untuk meninggalkan perjalanan ke luar negeri akan memaksa dia dan istrinya untuk hidup di pengasingan dan dalam ketidaktahuan tentang kesejahteraan anak-anak dan keluarga mereka di Urumqi.

Empat anak Abdukadir – Adile, Abdurahman, Muhemmed, dan Abdulla – secara paksa telah diambil dari rumah mereka dan dikirim untuk tinggal di TK Kindan City Hotan di Xinjiang selatan.

Setelah hanya 17 hari di panti asuhan, foto-foto anak-anaknya diambil oleh seorang individu di dalam fasilitas tersebut, yang Abdukadir katakan dia tidak bisa menyebutkan nama, mengungkapkan tanda yang terlihat pada kulit mereka.

nasib anak muslim uighur di xinjiang cina tiongkok
Empat anak Abdukadir setelah 17 hari di TK Kindness City Hotan, Xinjiang. (Supplied)

“Anak-anak saya memiliki bekas luka di wajah mereka. Saya dapat melihat mereka semakin diperlakukan buruk dan disiksa di sana, saya bisa melihatnya dari mata dan tubuh mereka,” katanya.

“Sepertinya anak-anak saya di dalam penjara,” kata Meripet kepada The Associated Press (AP). “Empat anak saya terpisah dari saya dan hidup seperti anak yatim.”

REZIM TOTALITER TIDAK BISA MELIHAT KESALAHAN, WARGANYA HIDUP DALAM KETAKUTAN

Sebuah laporan yang diterbitkan oleh surat kabar negara Xinjiang Daily pada bulan Februari menggambarkan anak-anak di TK Kindan City Hotan sebagai tumbuh “lebih tinggi” dan “lebih gemuk” segera setelah tiba di panti asuhan.

Dan sejak awal tahun 2017, PKT telah menetapkan anggaran lebih dari 200 juta yuan Tiongkok ($30 juta) untuk membangun atau memperluas setidaknya 45 panti asuhan dengan tempat tidur untuk memuat sekitar 5.000 anak, AP telah menemukan setelah meninjau pemberitahuan pengadaan di Xinjiang.

Abdukadir dan istrinya tidak dapat melakukan perjalanan kembali ke Xinjiang karena takut akan penganiayaan, katanya. Abdukadir dan istrinya juga melahirkan seorang putra lain di Turki. Bepergian ke negara asing atau kontak dengan kerabat di luar negeri saat ini dilihat sebagai kejahatan di mata PKT. Alasan lain Uighur ditahan termasuk jenggot tumbuh sesuai dengan tradisi Uighur dan mengikuti pertemuan agama.

“Kami khawatir untuk kembali ke rumah karena semua orang yang pergi ke luar negeri dikirim ke penjara atau ditahan di kamp. Kami pikir kami pasti akan dikirim ke penjara,” katanya.

KELUARGA UIGHUR TERCERAI-BERAI

Pukulan pertama bagi Abdukadir ketika tiba di Turki tahun lalu adalah mendengar berita bahwa saudaranya telah dijatuhi hukuman lima setengah tahun penjara, “mungkin karena berbicara dengan saya,” katanya.

Kemudian mantan istri Abdukadir dihukum 20 tahun penjara “menjadikan istri saya, untuk menghukum saya karena tidak kembali ke Xinjiang, dan karena dia dapat membaca bahasa Arab dan Al-Quran,” lanjut Abdukadir.

nasib anak muslim uighur di xinjiang cina tiongkok
Putri dan ibunda Abdukadir yang berusia 72 tahun. (Supplied)

Sementara itu, ibunya yang sudah pensiun berusia 72 tahun telah dijatuhi hukuman 10 tahun penjara karena mendengarkan intisari Al-Quran di pesta seorang teman dan mengirim foto-foto anak-anaknya kepadanya melalui aplikasi perpesanan Tiongkok, WeChat, ketika Abdukadir berada di Turki. “Dia tidak melakukan kesalahan seumur hidupnya, ini tidak dapat dibayangkan,” kata Abdukadir.

Saudara perempuannya, yang sakit parah sebelum ditahan di kamp Xinjiang, telah meninggal “saat diinterogasi oleh pihak berwenang, [karena] perlakuan brutal mereka.”

Abdukadir mengatakan dia secara teratur diperas oleh orang-orang yang ia yakini sebagai individu yang bekerja untuk PKT karena dia berbicara kepada media. Pemerasnya mengatakan kepadanya bahwa ibunya akan mati di penjara di Xinjiang.

“Ancaman lainnya adalah saya tidak akan pernah dapat melihat anak-anak saya, bahwa mereka akan hilang,” lanjut Abdukadir.

“Ini semua terlalu banyak, terlalu menyakitkan dan terlalu merusak secara psikologis bagi saya. Tidak ada yang tersisa di seluruh keluarga saya dan saya tidak tahu harus berbuat apa.” (ran)

Rekomendasi video:

Dokter Ungkap Kejahatan Pengambilan Organ Tubuh di Tiongkok