Capres Pro-Beijing Taiwan Hadapi Dakwaan Penyuapan Menunjukkan Campur Tangan Tiongkok

Seorang warga negara Taiwan yang berimigrasi dari Tiongkok daratan dan merupakan kandidat untuk dewan di Kota Taipei telah ditangkap dan dituduh menerima suap dari Tiongkok, contoh terbaru dari upaya lanjutan Beijing untuk campur tangan politik dalam demokrasi di seluruh dunia.

Zhang Xiuye, yang berusaha mewakili Distrik Wanhua Kota Taipei, tidak dapat meninggalkan pulau tersebut dan dikurung di kediamannya oleh jaksa pada 13 November, media Taiwan melaporkan. Dia adalah sekretaris jenderal Asosiasi Aliansi Patriotik (PAA), juga dikenal sebagai Concentric Patriotism Alliance, sebuah organisasi pro-Beijing di Taiwan.

Pada 24 November, warga Taiwan akan memilih berbagai pejabat publik, termasuk walikota, hakim daerah, legislator, serta pejabat publik desa dan kecamatan.

Undang-undang yang ada di pulau tersebut yang mengatur sumbangan politik dan hubungan antara Taiwan dengan Tiongkok mencegah warga Tiongkok daratan atau organisasi menyumbang ke kandidat politik Taiwan. Pada bulan Oktober, Kementerian Kehakiman Taiwan mengumumkan bahwa mereka telah mengumpulkan informasi intelijen tentang sekitar 33 kasus Beijing yang membantu kandidat politik Taiwan.

Selain itu, Zhou Qingjun, pendiri PAA, diduga telah menggunakan dana dari Tiongkok untuk mendukung upaya memenangkan pemilihan Zhang. Zhou, juga kepala Partai Progresif Demokrat Tiongkok, partai politik pro-Beijing yang mendukung penyatuan Taiwan dan Tiongkok, juga dilarang meninggalkan Taiwan dan ditahan di kediamannya.

Sehari sebelum larangan perjalanan tersebut diumumkan, jaksa melakukan pencarian di lima lokasi, termasuk rumah Zhang dan kantor kampanyenya, sementara menginterogasi lebih dari 10 orang yang dicurigai melanggar aturan pemilihan, termasuk Zhang dan Zhou.

Jaksa penuntut mengajukan kasus terhadap Zhang dan Zhou setelah bertindak atas informasi rahasia bahwa pada awal Oktober, jamuan besar-besaran diadakan untuk menggalang dukungan memenangkan pemilihan Zhang, dengan banyak warga yang tinggal di Distrik Wanhua yang hadir. Media Taiwan melaporkan bahwa biaya total perjamuan tersebut bisa lebih dari 250.000 dolar Taiwan (sekitar $8,096).

Zhou juga sering bepergian ke Tiongkok, kantor kejaksaan mengatakan dalam pengumuman 13 November. Ketika dia kembali, dia sering membawa sejumlah besar yuan Tiongkok. Zhou kemudian akan menukarkan uang tersebut ke mata uang Taiwan melalui seorang pria yang hanya diidentifikasi oleh jaksa dengan nama belakangnya Chen.

Chen mengakui bahwa dia telah membantu anggota PAA dalam pertukaran mata uang, dan membayar jaminan 300.000 yuan ($43.221) setelah jaksa memutuskan bahwa tindakannya telah melanggar undang-undang perbankan Taiwan, yang melarang entitas selain bank atau lembaga keuangan dari pertukaran mata uang.

Media Taiwan, United Daily News melaporkan insiden lain pada bulan Agustus yang menunjukkan hubungan langsung PPA ke Beijing. Zhang melayani lebih dari 20 anggota PAA dan pasangan mereka selama seminggu perjalanan ke Guizhou, sebuah provinsi pegunungan di Tiongkok barat daya. Semua biaya dibayar oleh Beijing, menurut jaksa Taiwan.

Campur tangan politik Beijing melampaui batas Taiwan. Juga bulan ini, Hilda Heine, presiden negara Kepulauan Marshall di Pasifik, dalam ruang gerak yang sempit telah bertahan dari mosi tidak percaya yang diprakarsai oleh para senator yang ramah-Beijing. Dia menuduh bahwa mereka menentangnya karena menolak usulan untuk mendirikan surga pajak yang bisa menguntungkan Tiongkok.

Di Amerika Serikat, sebelum pemilu paruh waktu, Presiden AS Donald Trump juga memperingatkan campur tangan Beijing dalam pemilu November dengan berusaha untuk mempengaruhi opini publik Amerika, melalui pencetakan iklan-iklan propaganda di surat kabar AS.

Beijing menggunakan banyak taktik untuk mencoba mempengaruhi pemilu Taiwan. Dalam artikel 11 November yang diterbitkan oleh surat kabar Taiwan, Liberty Times, mengutip para pejabat dari biro keamanan Taiwan, Beijing mencoba menggunakan dana untuk mempengaruhi pemilu secara ilegal bawah tanah mempertaruhkan uang untuk meyakinkan pasar. Dengan menempatkan taruhan pada kandidat tertentu, ia bisa menyesatkan atau mempengaruhi orang Taiwan biasa untuk menguntungkan satu kandidat di atas yang lain.

Selain itu, Beijing juga telah mengundang pejabat-pejabat tingkat desa dan tingkat kecamatan, serta kepala petani lokal dan asosiasi perikanan, dalam perjalanan ke Tiongkok, dengan tujuan membujuk para pejabat ini untuk meyakinkan lebih banyak orang Taiwan agar memilih kandidat yang ramah-Beijing. (ran)

Ikuti Frank di Twitter: @HwaiDer

Rekomendasi video:

Amerika Serikat Tekan Keras Konspirasi Tiongkok Korut

https://www.youtube.com/watch?v=p0z-dob1HZ8