fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeBERITA TIONGKOKSebagian Wilayah Tiongkok Terserang Hawa Dingin dan Angin Kencang, Suhu Turun Drastis

Sebagian Wilayah Tiongkok Terserang Hawa Dingin dan Angin Kencang, Suhu Turun Drastis

oleh Zhang Yujie

Wilayah Tiongkok bagian utara sedang mengalami cuaca dingin yang diperkirakan akan berlanjut sampai 3 hari ke depan. Penurunan suhu drastis di berbagai wilayah di daratan Tiongkok akan terus bermunculan. Suhu udara di sebagian daerah sudah mencapai sekitar 10 derajat Celcius. Kondisi “masuk musim dingin dalam semalam” ini membuat pihak berwenang di berbagai wilayah segera mengumumkan peringatan kepada masyarakat agar waspada terhadap angin kencang, arus dingin dan hujan salju

Pada 14 Oktober, wilayah Timur Laut Tiongkok dan Mongolia Dalam tiba-tiba mengalami penurunan tajam suhu udara, bahkan badai angin, hujan salju turun di Chen Barag Banner dan Kota Ergun, Mongolia Dalam pada siang hari. Badai salju di Kota Ergun turun dari 14 Oktober malam hingga keesokan harinya pukul 14:00.

Suhu udara di bagian timur dari Provinsi Mongolia Dalam, Heilongjiang pada 15 Oktober turun hingga sekitar 6℃~10℃, beberapa bagian Heilongjiang, suhu turun 15°C~17°C.

Badan Meteorologi Pusat mengeluarkan peringatan tentang serangan gelombang dingin tingkat biru pada 15 Oktober sekitar pukul 10 pagi, menyatakan bahwa serangan angin kencang di wilayah Tiongkok bagian tengah dan timur, penurunan suhu maksimum yang melebihi 14°C dapat terjadi dalam tiga hari ke depan.

Suhu terendah di utara dan selatan akan muncul masing-masing pada 17 dan 18 Oktober pagi hari. Suhu minimum di Hebei utara, Beijing utara, Shandong utara, hingga Shanxi tengah dan selatan serta Shaanxi tengah dan utara bisa turun hingga mencapai di bawah 0 °C.

Sebelum Badan Meteorologi Pusat mengeluarkan peringatan gelombang dingin, banyak peringatan sudah dikeluarkan oleh pihak berwenang di banyak tempat.

Misalnya, Kota Beijing mengeluarkan peringatan badai peringkat biru dan peringatan gelombang dingin peringkat biru pada 15 Oktober. Karena dampak angin kencang, suhu akhir pekan di Beijing bisa turun secara signifikan.

Pada saat yang hampir bersamaan, Provinsi Hebei, Henan, Shandong dan tempat-tempat lain mengeluarkan peringatan untuk badai dan gelombang dingin. Beberapa kota di tiga provinsi timur laut mengeluarkan peringatan untuk gelombang dingin, angin kencang dan hujan es. Shaanxi mengeluarkan peringatan prakiraan turun hujan es dan waspada tanah longsor.

Gambar menunjukkan Kota Jiamusi, Provinsi Heilongjiang pada 15 Oktober 2021. (foto Weibo)

Di antaranya, Provinsi Jilin akan mengalami cuaca ekstrem karena serangan arus dingin dalam tiga hari ke depan. Mongolia Dalam bagian timur laut dan Tiongkok timur daerah pesisir, tiupan angin dapat mencapai 9 Skala Beaufort Wilayah pesisir timur dan selatan Tiongkok, tiupan angin bisa mencapai kekuatan 7 hingga 8 Skala Beaufort.

Pada 15 dan 16 Oktober, salju lebat atau hujan lebat masih terjadi di beberapa daerah. Hujan salju akan terjadi di Qinghai timur, Gansu tengah dan timur, timur laut Mongolia Dalam, dan Heilongjiang. Huanghuai dan sebagian besar wilayah selatannya mengalami hujan ringan hingga lebat.

Central News Agency pada 15 Oktober memberitakan bahwa, konsumsi listrik selama musim dingin di daratan Tiongkok dingin telah menarik perhatian dari semua lapisan masyarakat. Apalagi, sejak bulan Agustus tahun ini, dengan alasan adanya kenaikan harga batu bara,  sejumlah wilayah mengalami gelombang pembatasan konsumsi listrik.

Menurut laporan tersebut, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah komunis Tiongkok mempromosikan “batu bara ke listrik” yang keandalannya masih menjadi perhatian utama masyarakat Tiongkok menjelang datangnya musim dingin tahun ini. 

Selain itu, bagaimana dengan beberapa kota, kabupaten atau pedesaan menengah dan kecil dengan terjadinya krisis batu bara dan kenaikan harganya, ini jelas menjadi masalah tidak kecil buat mereka. (sin)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular