fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeNEWSINTERNATIONALBintang NBA Enes Kanter Muncul di Depan Kamera untuk Menyuarakan HAM bagi...

Bintang NBA Enes Kanter Muncul di Depan Kamera untuk Menyuarakan HAM bagi Tibet

oleh Qiao An

Bintang NBA Enes Kanter pada Rabu (21/10/2021) muncul di depan kamera yang diposting di sebuah platform sosial untuk mengutuk penindasan yang dilakukan pemerintah komunis Tiongkok terhadap warga di Tibet. Hal ini memicu banyak perhatian. 

Pemain center NBA dari klub Boston Celtics, Enes Kanter melalui beberapa media sosial seperti Twitter, Facebook, Instagram dan lainnya memperingatkan : “Diktator brutal Xi Jinping dan pemerintah Komunis Tiongkok, Tibet adalah milik masyarakat sipil Tibet !” dan mengatakan : “Saya berdiri dengan saudara dan saudari Tibet saya untuk menyerukan kebebasan bagi mereka”. 

Kanter juga merilis sebuah video yang menggambarkan situasi tragis tentang hak asasi manusia di Tibet yang terus mendapat tekanan dari pemerintah komunis Tiongkok.

Enes Kanter mengatakan : “Di bawah pemerintahan brutal komunis Tiongkok hak-hak dasar dan kebebasan rakyat Tibet telah hilang dirampas mereka”.

Ini adalah pernyataan anti-komunis lainnya setelah Daryl Morey, mantan manajer umum Houston Rockets, menerbitkan sebuah artikel yang mendukung demokrasi Hongkong pada  Oktober 2019. 

Meskipun tanggapan dari pihak berwenang komunis Tiongkok kali ini relatif terkendali, mereka masih memblokir nama Kanter di media sosial dan menangguhkan siaran langsung pertandingan Celtics vs New York Knicks malam itu. 

Dunia luar sedang memperhatikan apakah kritik Kanter ini akan kembali memicu tekanan kuat rezim Beijing terhadap NBA. (sin)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular