fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeASTRONOMIJerman Menciptakan Sepeda Motor yang Digunakan di Bulan untuk Para Astronot

Jerman Menciptakan Sepeda Motor yang Digunakan di Bulan untuk Para Astronot

Erabaru.net. Apakah alat transportasi astronot di Bulan kelak telah dapat diatasi ? Perusahaan perancang sepeda motor Jerman ‘Hookie’ telah mengembangkan prototipe sepeda motor untuk eksplorasi Bulan yang memungkinkan para astronot untuk menjelajahi permukaan Bulan dengan kecepatan 10 mil per jam.

Tahun lalu, perancang Rusia Andrew Fabishevskiy mengusulkan konsep menggunakan sepeda motor di Bulan yang memiliki roda untuk segala medan dan sistem suspensi yang dapat diputar, yang memungkinkan untuk mengatasi kawah gunung berapi berdebu dan 1/6 dari gravitasi Bumi.

Kini Hookie telah mengubah sepeda motor luar angkasa dari sebuah konsep menjadi kenyataan, dan menamai prototipe sepeda motor antariksa ini ‘Tardigrade’, yang juga merupakan nama hewan mungil yang memiliki vitalitas super dan dapat bertahan hidup di luar angkasa.

Menurut Hookie, ‘Tardigrade’ dibangun berdasarkan konsep sepeda motor luar angkasa, karena templatenya hanya ide virtual, jadi tidak memiliki referensi sehingga perusahaan harus memulai semuanya dari awal.

Perancang mengatakan bahwa setelah 9 bulan coba-coba, akhirnya eksperimen konsep yang menarik ini berubah menjadi kendaraan yang sangat inovatif.

Motor konsep ‘Tardigrade’ ini terbuat dari bahan ultra-ringan dan beratnya hanya sekitar 134 kg. Keistimewaannya adalah menggunakan ban serat karbon pengap yang dapat diganti yang dipasang pada rangka motor yang terbuat dari aluminium, yang akan memungkinkan astronot untuk menantang medan berat apa pun, sementara pengendaranya juga dapat berjalan dengan membawa berbagai jenis peralatan.

Sepeda motor ini menggunakan tenaga listrik, dan baterai memiliki daya jelajah sekitar 70 mil (sekitar 110 kilometer). Motornya pun dapat dengan mudah dibongkar pasang. Untuk menghemat ruang, bagian depan dari kendaraan dapat dilepas hanya dalam dua menit.

Perancang mengatakan : “Dengan terealisasinya sepeda motor luar angkasa yang benar-benar fantastis ini, kami berharap untuk menantang eksperimen pemikiran tentang pertanyaan masa depan kami : Seperti apa kehidupan di luar planet kita ? Apa persyaratan untuk sepeda motor yang dapat dikemudikan dalam kegelapan ? Dan persyaratan apa saja yang masih dibutuhkan sepeda motor untuk membebaskan dirinya dari pengekangan gravitasi dari debu Bulan yang dingin ?”

‘Tardigrade’ belum benar-benar mendarat di Bulan, dia hanya diikutsertakan dalam pameran ‘Expo Petualangan’ yang diadakan di Petersen Automotive Museum di Los Angeles, AS, dengan maksud agar masyarakat umum dapat mengetahui tentang kendaraan Bulan di masa mendatang.(sin/yn)

Sumber: ntdtv

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular