fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeNEWSINTERNATIONALKapal Perang Tiongkok dan Rusia Pertama Kali Melintasi Selat Tsugaru, Jepang Mengawasi...

Kapal Perang Tiongkok dan Rusia Pertama Kali Melintasi Selat Tsugaru, Jepang Mengawasi dengan Seksama

Bi Xinci dan Lin Mingdi – NTD

Komunis Tiongkok dan Rusia menggelar latihan militer bersama di Laut Jepang dari 14 hingga 18 Oktober 2021.  Pemerintah Jepang mengonfirmasi  kapal perang dari Komunis Tiongkok dan Rusia melewati “Selat Tsugaru” antara Laut dan selat Jepang dan Pasifik. 

Tepat pada  Senin (18/100  latihan militer bersama antara Tiongkok dan Rusia di Laut Jepang berakhir.

Pada  Selasa, Jepang menyatakan 10 kapal perang dari Tiongkok dan Rusia melewati Selat Tsugaru antara Honshu Jepang dan Hokkaido.

Wakil Kepala Sekretaris Kabinet Yoshihiko Isozaki mengatakan Pasukan Bela Diri Maritim Jepang mengkonfirmasi pada 18 Oktober bahwa lima kapal angkatan laut Tiongkok dan lima Rusia berlayar melintasi Selat Tsugaru dan ke timur menuju Samudra Pasifik.”

Pemerintah Jepang menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya kapal perang Tiongkok dan Rusia melintasi Selat Tsugaru.  Jepang akan mengamatinya dengan seksama.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Jepang menyatakan, bahwa ini tidak melanggar perairan Jepang, juga tidak melanggar standar internasional. Selat Tsugaru memisahkan Laut Jepang dari Samudra Pasifik dan dianggap sebagai wilayah laut internasional.

Namun, Jepang memiliki sengketa teritorial dengan Tiongkok dan Rusia.

Media resmi Partai Komunis Tiongkok melaporkan, ini adalah pertama kalinya Tiongkok dan Rusia melakukan pelayaran strategis maritim bersama, dan percaya bahwa operasi bersama kapal perang kedua negara akan menjadi normal baru.

Beberapa tahun terakhir, ketika hubungan dengan negara-negara Barat memburuk, Beijing dan Moskow  berusaha untuk membangun hubungan yang lebih dekat. (hui)

 

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular