Thursday, January 27, 2022
HomeSAINS & TEKKoin Satu Shilling Langka yang Dibuat pada Abad ke-17 Dijual Seharga Rp...

Koin Satu Shilling Langka yang Dibuat pada Abad ke-17 Dijual Seharga Rp 4 Miliar dalam Lelang

Erabaru.net. Sebuah koin langka, yang dicetak pada pertengahan abad ke-17 di New England, dijual dengan harga yang setara dengan sekitar 300.000 dollar (Sekitar Rp 4 miliar) ketika dilelang di London bulan depan.

Koin perak satu shilling yang dibuat di Boston pada tahun 1652, baru-baru ini ditemukan di Inggris di dalam kaleng permen berisi ratusan koin lama, AP melaporkan.

James Morton, spesialis koin pelelang, menyebut koin New England sebagai “bintang koleksi”.

“Saya hampir tidak bisa mempercayai mata saya ketika saya menyadari bahwa itu adalah contoh yang sangat baik dari shilling New England, dibuat oleh John Hull pada tahun 1652 di Boston untuk digunakan sebagai mata uang oleh pemukim awal di Massachusetts Bay Colony,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Koin tersebut dianggap sebagai salah satu yang paling pertama dicetak di Amerika Utara dan memiliki inisial NE untuk New England dan angka Romawi XII, menunjukkan 12 pence yang sama dengan satu shilling.

Koin itu diserahkan kepada juru lelang oleh Hon Wentworth Beaumont, yang ayahnya menemukannya di dalam kaleng di ruang kerjanya di perkebunan keluarga di Inggris utara.

Leluhur Beaumont, William Wentworth, adalah pemukim awal New England yang diperkirakan tiba di Koloni pada 1636 dan kemungkinan memperoleh koin baru. Keluarga Wentworth menjadi keluarga terkemuka di New Hampshire, AS . (yn)

Sumber: indiatimes

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

TERBARU

CERITA KEHIDUPAN