fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeSERBA SERBIKota Istanbul Meningkatkan Kehidupan Ribuan Kucing Liarnya dengan Rumah Kucing Luar Ruangan...

Kota Istanbul Meningkatkan Kehidupan Ribuan Kucing Liarnya dengan Rumah Kucing Luar Ruangan yang Penuh dengan Makanan dan Mainan

Erabaru.net. Di Istanbul, Turki, kota berpenduduk 15 juta orang yang terkenal dengan sikap ramahnya terhadap kucing liar, sekelompok sukarelawan membangun rumah yang dilengkapi dengan mainan dan makanan untuk tetangga kucing mereka.

Di sana, kucing dapat menemukan makanan dan mainan yang disumbangkan, bantal dan kotak untuk menjauhkan mereka dari cuaca buruk, dan bahkan pemilik baru jika mereka beruntung.

Semuanya berawal pada tahun 2008, ketika menurut salah satu sumber, seorang arsitek interior bernama Didem Gokgoz secara teratur melewati taman dalam perjalanannya untuk bekerja di distrik Sisli — di mana selalu ada kucing liar yang berusaha mencari tempat untuk tetap hangat di musim dingin.

Mencoba membantu kucing-kucing itu, dia menempatkan beberapa kotak plastik tempat mereka bisa berlindung di sekitar Taman Mistik, tetapi petugas memindahkannya karena dianggap merusak pemandangan.

Perlahan-lahan, Gokgoz mengenal orang-orang yang akan memberi makan kucing-kucing liar, dan membentuk rencana untuk membangun tempat perlindungan yang lebih rapi dan menyenangkan yang ditambatkan ke tanah dengan rantai.

Gokgoz mengundang walikota ke sebuah pertemuan, dan gagasan itu didiskusikan dalam keadaan yang mungkin mendorong perlunya semacam tindakan.

“Ada tiga dari kami di tengah hujan lebat: Saya, teman pengacara saya, dan Tuan Mustafa Sarigul [saat itu walikota Sisli],” Gokgoz melaporkan kepada Tol, outlet jurnalisme yang berfokus pada solusi di Istanbul.

“Kami menunjukkan kepadanya desain kami, menjelaskan cara kerjanya dan segalanya. Sarigul mendengarkan dengan seksama dan berkata, ‘Oke, lakukan dan mari kita lihat; jika kami pikir itu berhasil, kami akan mendukungnya.’”

Diperkirakan ada 125.000, populasi kucing liar Istanbul adalah komponen yang lebih dihargai dari kota metropolitan.

Sebuah film dokumenter tahun 2016 berjudul Cat menjadi hit dengan penonton internasional, dan mengungkapkan hubungan yang menarik antara penduduk kota berbulu dan tetangga manusia mereka.

Setelah mendapatkan kepastian dari Sarigul bahwa rumah baru tidak akan dipindahkan, Gokgoz, yang sekarang menjalankan pemasok kucing nirlaba Podo, memasang dua rumah di Taman Mistik bersama teman-temannya.

Rumah-rumah di Taman Mistik, yang unik dan berwarna-warni, menjadi titik balik, yang setelah diliput oleh berita lokal, terjadi replikasi di taman-taman di sekitar 39 distrik kota.

Gokgoz dibanjiri permintaan untuk membangun rumah: untuk dua universitas, kafe, dan bahkan Bank Pengembangan Industri Turki. Setelah itu muncul permintaan untuk membangun rumah kucing di tempat yang lebih jauh: Kota Alanya, Izmir, dan Gaziantep.

“Itu menjadi sesuatu yang normal; individu membuat permintaan untuk rumah kucing, ”katanya. “Itu adalah tujuan utama kami, dan kami telah mencapainya. Hari ini, semua orang menerima bahwa kucing harus memiliki ruang hidup mereka sendiri di kota.”

Kucing-kucing itu juga, menanggapi ledakan real estat, dan pindah ke mereka berbondong-bondong.

Hal ini memungkinkan relawan, yang sering berorganisasi melalui grup WhatsApp, untuk mengawasi lebih dekat kehidupan kucing, memastikan bahwa hewan liar yang berkeliaran di komunitas dimandulkan dan dikebiri, dan tanda-tanda penyakit dapat ditangani dengan cepat. (yn)

Sumber: goodnewsnetwork

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular