Saturday, January 22, 2022
HomeSAINS & TEKMenurut Studi : Hiu Putih Menyerang Manusia Karena Penglihatan Mereka Buruk, Mengira...

Menurut Studi : Hiu Putih Menyerang Manusia Karena Penglihatan Mereka Buruk, Mengira Manusia Adalah Mangsanya

Erabaru.net. Sebuah studi baru menemukan bahwa baik peselancar, perenang dalam penglihatan hiu putih tidak berbeda dengan anjing laut, jadi mereka tidak aktif menyerang manusia, kecuali terjadi kekeliruan, di mana manusia yang dikira sekelompok plankton atau ikan teri yang memang adalah mangsanya.

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Royal Society Interface pada 27 Oktober memperkenalkan penemuan ini.

Laura Ryan dari Macquarie University, Australia, yang memimpin penelitian mengatakan : “Peselancar berisiko tinggi terkena gigitan ikan hiu, terutama yang sering terjadi adalah peselancar diserang oleh hiu putih muda. Kami menemukan bahwa ikan hiu yang berada di bawah air melihat orang yang berenang atau yang berselancar di permukaan laut tidak berbeda jauh dengan anjing laut atau singa laut karena masalah penglihatannya yang buruk, sehingga Dia tidak dapat membedakan secara detail gerakan dan warna objek di atasnya.”

Para peneliti menggunakan kamera GoPro yang dipasang dengan alat propulsi penyelam (Diver Propulsion Vehicles, DPV) yang memungkinkan alat tersebut bergerak dengan kecepatan hiu saat menggunakan kamera untuk mengambil gambar objek di permukaan air dari perspektif bawah air.

Kamera kemudian merekam berbagai adegan seperti anjing laut dan singa laut yang berenang, manusia yang sedang berenang dengan gaya berenang yang berbeda, dan manusia bermain ski air dengan papan selancar.

Setelah itu, para peneliti menggunakan sejumlah besar data saraf hiu untuk membangun filter yang mensimulasikan sistem visual hiu, dan menerapkannya ke semua video yang diambil untuk mendapatkan penglihatan ikan hiu dari bawah air.

Ryan mengatakan : “Hasilnya jelas. Di mata hiu putih muda, manusia yang berenang di permukaan air atau bermain ski air dengan posisi telungkup di atas papan selancar terlihat seperti anjing laut atau singa laut.”

Siaran pers yang memperkenalkan penelitian tersebut menyatakan bahwa sebagian besar ikan hiu benar-benar buta warna, dan mereka hanya dapat membedakan objek secara garis besar objek.

Hiu putih dewasa memiliki penglihatan yang lebih baik daripada hiu putih muda. Ini mungkin dapat menjelaskan mengapa sebagian besar manusia diserang oleh hiu putih muda.

Mentor Ryan, Profesor Neurologi Biologi, Nathan Hart mengatakan : “Ketika ikan hiu putih tumbuh hingga 2,5 meter, rahang bawah mereka mulai mengeras, sehingga mereka mulai belajar memangsa mangsa yang lebih besar seperti anjing laut. Mereka mulai memasuki tahap belajar dan eksplorasi, karena itu mudah berbuat kesalahan.”

Meskipun ikan hiu berbahaya, tetapi mereka adalah hewan yang terancam punah. Ryan mengatakan : “Memahami mengapa ikan hiu melancarkan serangan akan membantu kami menemukan cara untuk mencegah kejadian itu dan melindungi keselamatan manusia juga ikan hiu.” (sin/yn)

Sumber: epochtimes

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

TERBARU

CERITA KEHIDUPAN