Thursday, January 27, 2022
HomeNEWSINTERNATIONALUnsilenced: Film yang Memaparkan Pelanggaran HAM di Tiongkok Memenangkan Penghargaan Festival Film...

Unsilenced: Film yang Memaparkan Pelanggaran HAM di Tiongkok Memenangkan Penghargaan Festival Film Austin

Andrew Chen

Sebuah film fitur yang menampilkan pelanggaran hak asasi manusia di Tiongkok memenangkan  Penghargaan Audiens tahun 2021 untuk fitur naratif di Festival Film Austin tahunan ke-28 di Texas, Amerika Serikat pada  1 November.

Festival ini adalah salah satu acara penulisan skenario bioskop dan televisi terbesar di Amerika Serikat.

Unsilenced diangkat dari kisah nyata dua pasangan muda yang adalah mahasiswa di Universitas Tsinghua Tiongkok. Bersama-sama mereka membantu seorang  jurnalis Barat menerobos pengawasan dan alat penghalang oleh Partai Komunis Tiongkok, untuk mengungkap kekejaman penganiayaan oleh Partai Komunis Tiongkok terhadap praktisi Falun Gong.

Mahasiswa-mahasiswa itu menanggung akibatnya, tetapi keberanian mereka memiliki sebuah efek yang bertahan lama dalam melawan mesin propaganda Beijing yang berjalan dengan baik.

Film ini tidak hanya menggambarkan pelanggaran hak asasi manusia di Tiongkok dan bagaimana warganegara Tiongkok bangkit [melawan rezim Tiongkok] untuk menyebarkan informasi, film ini juga menggambarkan pertempuran sengit antara kebenaran dengan kebohongan-kebohongan, yang terjadi tidak hanya di  Daratan Tiongkok, kata sutradara film tersebut, Leon Lee, dalam sebuah wawancara. “Pertanyaan mengenai apa itu ‘kebenaran’, bagaimana mencari ‘kebenaran’ dan apa itu nilai-nilai ‘kebenaran’ juga menjadi perhatian besar orang-orang di masyarakat Barat yang modern,” kata Leon Lee.

Leon Lee adalah orang Tionghoa-Kanada dan telah mendedikasikan sebagian besar karir filmnya untuk masalah hak asasi manusia di Tiongkok. Film yang dibuatnya yang memenangkan Penghargaan Peabody, Human Harvest, memaparkan perdagangan organ ilegal oleh Partai Komunis Tiongkok dengan cara membunuh untuk memanen organ para tahanan hati nurani seperti praktisi Falun Gong dan minoritas seperti Muslim Uyghur di Xinjiang.

Falun Gong adalah sebuah latihan spiritual yang mencakup meditasi, latihan dan ajaran yang dilandasi nilai-nilai Sejati, Baik, dan Sabar. Juga disebut Falun Dafa, Falun Gong diperkenalkan di Tiongkok pada tahun 1992 dan mendapatkan popularitas yang luas karena manfaat-manfaatnya bagi kesejahteraan mental dan fisik para praktisinya.

Pada tahun 1999, menurut perkiraan resmi pemerintah Tiongkok, Falun Gong telah menarik sekitar 70-100 juta praktisi. Presiden Tiongkok saat itu, Jiang Zemin, menganggap  popularitas Falun Gong merupakan sebuah ancaman bagi kekuasaan rezim Tiongkok dan meluncurkan sebuah kampanye yang brutal pada bulan Juli 1999 yang bertujuan untuk memberantas Falun Gong. 

Beberapa juta praktisi Falun Gong telah ditahan secara sewenang-wenang dengan perkiraan 1,5 juta hingga 2,5 juta praktisi Falun Gong dipenjara di kamp-kamp kerja pada tahun 2010 saja, menurut angka-angka dari Pusat Informasi Falun Dafa.

Unsilenced dibintangi Sam Trammell, peraih nominasi Penghargaan Tony dan Anastasia Lin, seorang pengacara hak asasi manusia dan pemenang gelar Miss World Canada pada tahun 2015.

Film Festival Austin adalah sebuah Festival Film Kualifikasi Oscar yang terkenal atas dorongan dan dukungannya kepada penulis skenario. Peserta dalam festival itu termasuk Joel dan Ethan Coen, yang merupakan tokoh-tokoh terkemuka dalam  industri film independen, dan sutradara terkenal Amerika Serikat Ron Howard.

Para penyelenggara festival itu melaporkan bahwa mereka menerima lebih dari 6.000 entri tahun ini dari mana mereka memilih sekitar 130 finalis. (sin)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

TERBARU

CERITA KEHIDUPAN