Saturday, January 22, 2022
HomeSAINS & TEKSAINSLiontin Gading Mammoth Berusia 41.500 Tahun Ditemukan di Polandia

Liontin Gading Mammoth Berusia 41.500 Tahun Ditemukan di Polandia

Erabaru.net. Sebuah liontin yang diukir dari gading mammoth adalah perhiasan hiasan tertua yang diketahui dibuat oleh manusia di Eurasia. Liontin yang berusia lebih dari 40.000 tahun ditemukan di gua Stajnia di Polandia. Liontin berbentuk oval, panjang 4,5 cm dan lebar 1,5 cm.

Sahra Talamo di Universitas Bologna, Italia yang memimpin tim yang menganalisis liontin itu mengatakan,: “Ini adalah karya masa lalu yang indah dari Homo sapiens, perhiasan yang menakjubkan.”

Menggunakan teknik penanggalan radiokarbon baru, para peneliti menemukan bahwa liontin itu dibuat 41.500 tahun yang lalu, menjadikannya yang tertua dari jenisnya yang ditemukan di Eurasia.

Benda-benda tersebut adalah bukti paling awal yang diketahui tentang manusia yang mendekorasi perhiasan di Eurasia dan munculnya perilaku simbolis dalam evolusi manusia.

Dekorasi liontin termasuk pola lebih dari 50 tanda tusukan dalam kurva loop tidak teratur dan dua lubang lengkap. Motifnya mirip dengan yang ditemukan pada plakat Blanchard dari Perancis, tulang berukir sekitar 30.000 tahun yang lalu, yang telah didalilkan sebagai penghitungan berburu untuk menghitung jumlah hewan yang terbunuh, atau penanda posisi bulan.

“Jika kurva perulangan liontin Stajnia menunjukkan analemma bulan atau jumlah hewan yang terbunuh akan tetap menjadi pertanyaan terbuka. Namun, sangat menarik bahwa dekorasi serupa muncul secara independen di seluruh Eropa,” kata Dr. Adam Nadachowski, seorang peneliti di Institut Sistematika dan Evolusi Hewan di Akademi Ilmu Pengetahuan Polandia.

Penggalian di gua Stajnia juga mengungkapkan bagaimana manusia modern berada di Polandia sekitar 10.000 tahun lebih awal dari yang diperkirakan sebelumnya.(yn)

Sumber: indiatimes

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular

TERBARU

CERITA KEHIDUPAN