Headline News

manfaat AHAAsam buah (AHA) telah lama ada dan memiliki sejarah yang cukup panjang, namun tidak diketahui oleh semua orang. Sejak zaman Roma maupun Mesir, kaum wanita mandi dengan menggunakan susu sapi.

Louis IX Prancis pun menggunakan anggur untuk mencuci muka demi memelihara kulitnya. Masker wajah kuno juga dilengkapi dengan buah segar, madu, keju dan lain-lain, semua ini merupakan bahan-bahan alami untuk pemeliharaan kulit yang mengandung AHA.

AHA pada dasarnya berasal dari buah segar, misalnya Malic Acid (Asam Apel) berasal dari buah Apel, Asam Sitrun berasal dari jeruk Lemon, Glycolic Acid berasal dari Tebu atau Madu. AHA juga berasal dari hasil produk fementasi (meragi), misalnya Asam Laktat produk dari fermentasi susu sapi, Tartaric Acid dari arak Anggur, dan lain sebagainya.

AHA sangat disenangi orang, karena ia berasal dari hasil produk teknologi biokimia yang alami serta memiliki khasiat istimewa, juga bersifat agak lembut. Berbeda dengan Perchlorat Asam Sulfat (Belerang) dan asam mineral lain yang memiliki sifat korosif yang keras. Jika digunakan dengan tepat akan menyerupai sejenis bahan alami dalam pemeliharaan kecantikan wajah.

Dari berbagai jenis AHA, molekul yang paling kecil adalah Glycolic Acid. Daya penetrasinya (peresapan) juga paling baik. Sehingga sangat luas digunakan dalam terapi kecantikan kulit wajah di kalangan medis.

Berikut adalah manfaat atau khasiat AHA terhadap kulit :

1. Revitalisasi kutikula (lapisan kulit ari)

AHA dapat melarutkan sel kulit yang telah rusak dan mendorong kutikula rontok. Bersamaan juga merangsang sel kulit lapisan dalam terbelah dan melakukan regenerasi, mempercepat pergantian kulit sehingga memperbaiki kualitas kulit, mengurangi garis dan kerutan kulit serta memperbaiki kulit dari kerusakan sinar matahari. Selain itu, kerontokan kutikula yang lebih cepat dapat juga berfungsi mengaburkan flek hitam, sehingga warna kulit terlihat lebih merata dan cerah.

2. Menambah Kadar Air

AHA dapat dikatakan sejenis zat pelembab dan pelembut alamiah. Ketika dioleskan di kulit, ia dapat menghisap air dari alam, menambah kadar air dalam kulit, sehingga menjadikan kulit lebih halus, lembut, dan elastis.

3. Mengobati Jerawat

Karena memiliki fungsi alami mempercepat kerontokan kutikula dan mengurangi tumpukan sel kutikula yang telah rusak, sehingga melancarkan fungsi pori-pori. Ini sangat bermanfaat bagi penyembuhan jerawat.

4. Anti Radikal

AHA merupakan sejenis bahan anti radikal yang sangat baik, yang melindungi sel, agar tidak rusak oleh radikal bebas.

5. Memperbaiki Penuaan Kulit

Menggunakan AHA dalam jangka panjang, dapat mencapai lapisan internal kulit yang lebih dalam dan merangsang peningkatan produksi kolagen protein.

Sebuah penelitian menunjukkan, menggunakan AHA 5% dapat memperbaiki kondisi lapisan kulit, sedangkan menggunakan AHA 12% bahkan dapat memperbaiki secara nyata lapisan dermis dan epitel. Tidak hanya memperbaiki kembali kondisi permukaan kulit, mengubah lapisan tanduk (tumpukan sel kulit mati) menjadi lebih tipis, namun juga membuat lapisan dermis lebih tebal yang menghasilkan efek pemadatan pada kulit.

6. Membantu Peresapan

Fungsi AHA yang dapat merontokkan kutikula bisa membantu bahan perawatan wajah meresap masuk ke dalam kulit, sehingga meningkatkan hasil perawatan kulit. (epochtimes/tys/ran)

 

 

Bagikan ke teman-teman :

berita kehidupan, nasional, internasional

erabaru footerErabaru (Epoch Times Indonesia) hadir dalam bentuk media cetak dan situs online. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan kehidupan mereka dan meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia. Jaringan reporter kami tersebar di berbagai belahan dunia, meliput berita lokal yang otentik dan berhubungan dengan dunia global. Kemandirian kami memungkinkan kami dapat memberikan laporan secara luas, fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan menyajikan keberagaman pandangan.