Home

VIDEO NTDTV

This text will be replaced

 

sby-bdfJakarta -  Presiden Susilo Bambang Yudhyono mengatakan pemerintah Indonesia saat ini bekerja keras untuk memajukan demokrasi di Indonesia. Perwujudan yang dilakukan diantaranya menjunjung tinggi kebebasan HAM, Pers dan menegakkan supremasi hukum.

 

"Kami juga menjunjung tinggi HAM, kebebasan pers dan peran serta masyarakat sipil," kata Presiden saat membuka acara dan berbagai pengalaman demokrasi dihadapan peserta Bali Demokrasi Forum ke 6 di Nusa Dua Bali, Kamis, (7/11/2013).

 

Menurut Kepala Negara, langkah tersebut merupakan langkah pertama yang pernah dilakukan untuk memajukan demokrasi di tanah air. Dalam hal ini segenap warga harus memiliki jaminan hak konstitusi, mencakup kebebasan beragama, berekspresi, kesamaan di depan hukum, menolak diskriminasi, perlindungan bagi kaum minoritas, dan perlindungan hukum.

 

Langkah kedua yang dilakukan Indoenesia adalah  menegakkan supremasi hukum, hormati hak-hak dasar rakyat, termasuk bagi kaum minoritas. Indonesia, kata SBY, menjamin rasa hormat dan persamaan hak di depan hukum sebagai bagian tak terpisahkan dari gaya hidup Indonesia.

 

Ketiga dalam membangun demokrasi, Indonesia melibatkan masyarakat untuk berperan serta dalam proses pembuatan keputusan yang menyangkut kehidupan mereka. Pendekatan ini dilakukan dalam mengakhiri pemberontakan separatis di Provinsi Aceh.

 

Terakhir, meningkatkan rasa saling memahami, toleransi dan daya rekat sosial dengan menjalin hubungan antar kelompok. Termasuk menyelesaikan pertikaian, mengedepankan dialog di antara kelompok yang berbeda agama, etnis dan sosial ekonomi.

 

"Saya yakin bahwa kami banyak diuntungkan dengan adanya dialog dan debat diantara partai politik. Kami terus belajar menegakkan demokrasi multi partai dalam menentukan dan mengasah kepentingan nasional kami,” kata SBY.

 

“Sistem multi partai telah memungkinkan kami untuk menjadikan kepentingan dan pemikiran yang beragam menjadi peran serta politik yang positif," imbuh SBY. (asr)

 

Bagikan ke teman-teman :

berita kehidupan, nasional, internasional

erabaru footerErabaru (Epoch Times Indonesia) hadir dalam bentuk media cetak dan situs online. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan kehidupan mereka dan meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia. Jaringan reporter kami tersebar di berbagai belahan dunia, meliput berita lokal yang otentik dan berhubungan dengan dunia global. Kemandirian kami memungkinkan kami dapat memberikan laporan secara luas, fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan menyajikan keberagaman pandangan.