Kesehatan

Sembilan Komentar merupakan rincian sejarah kekerasan Partai Komunis China (PKC), dan meramalkan runtuhnya Partai. Sejak dipublikasikan pada 2004, puluhan juta orang China daratan telah terbangun kesadarannya akan  kebenaran dan mundur dari Partai, serta telah menarik perhatian di China dan seluruh dunia.

Pada 20 November, lebih dari 127 juta warga China telah menyatakan pemunduran mereka dari PKC dan organisasi-pemuda afiliasinya seperti Liga Pemuda dan Pionir Muda Komunis–melalui website The Epoch Times berbahasa Mandarin.

Bagaimana China daratan akan memasuki transisi menjadi masyarakat tanpa Partai Komunis adalah sekarang menjadi pertanyaan yang realistis bagi orang-orang China.

Zhang Xinyu, pendiri gerakan Kebebasan Informasi Global, mengatakan kepada New Tang Dynasty televisi (NTD) bahwa Sembilan Komentar adalah amat sangat mendalam dan mengungkapkan watak dasar PKC dengan cara pandang baru.

"Beberapa tahun setelah Sembilan Komentar diterbitkan, semua orang tiba-tiba mengerti segala sesuatunya  secara menyeluruh," kata Zhang. "Sebelumnya, kami tenggelam dalam lautan budaya partai komunis, jadi kami tidak bisa melihat apa-apa [abnormal]."

Sejarah Kekerasan Terungkap

Qingchu, penulis online mengatakan Sembilan Komentar telah mengejutkan orang-orang China dengan mengungkapkan sejarah Partai tanpa sensor, dan telah memungkinkan banyak orang untuk memahami bahwa Partai lahir dengan berlumur darah di tangannya.

"Berbagai peristiwa sejarah yang disebutkan dalam Sembilan Komentar,semua adalah benar; aku cukup akrab dengan hal-hal ini karena saya suka sejarah," kata Qingchu. "Semua contoh sejarah didasarkan pada fakta, tapi kami di China daratan telah tertutup rapat, sehingga terdengar seperti dongeng pada awalnya. Buku ini mengungkapkan akar dari Partai Komunis, itulah sebabnya rezim sangat takut, dan telah  berusaha untuk melarangnya."

Qingchu menambahkan bahwa para pemimpin PKC selalu mengatakan bagaimana besarnya komunisme, tapi mereka semua mengirim anak-anak mereka dan kerabat ke negara-negara Barat. Ini menunjukkan bahwa mereka tidak benar-benar memiliki keyakinan dalam sistem, dan hanya mengatakan itu untuk menipu masyarakat.

Partai Tidak Akan Pernah Berubah

Komentator politik Li Shanjian mengatakan Sembilan Komentar tidak hanya menjelaskan sifat dan sejarah PKC, tetapimenjelaskan sesuatu yang lebih dalam tentang budaya dan ideologi. Banyak orang benar-benar tahu sejarah kekerasan dari Partai, kata Li, tetapi ketika seorang pemimpin yang relatif lebih baik  terpilih, mereka mulai berharap bahwa hal itu akan menjadi lebih baik. Namun, setelah orang-orang membaca dan memahami Sembilan Komentar, mereka menyadari bahwa reformasi Partai Komunis benar-benar mustahil.

Li memberikan tiga alasan mengapa dia berpikir Partai tidak akan pernah mereformasi diri:

Pertama, PKC telah melakukan terlalu banyak kejahatan. Hal ini telah menyebabkan kematian 80 juta orang China. Begitu banyak kematian dan kejahatan yang tidak dapat diabaikan begitu saja.

Kedua, kekhawatiran PKC secara eksklusif dan sepenuhnya tentang pemeliharaan diri. Suatu hari nanti, atau selama periode sejarah singkat, ia mungkin membuat beberapa konsesi yang memperlihatkan demokrasi  atau reformasi sipil, tetapi hanya akan melakukan itu  untuk bertahan lagi. Ketika itu dianggap tidak perlu lagi membuat konsesi, atau ketika ingin membangkitkan rasa takut, ia akan mulai membunuh lagi tanpa ragu-ragu.

Ketiga, PKC menutup Tiongkok  dari masa depan yang lebih baik. Saat ini, masalah utama Tiongkok  adalah kemerosotan moral yang cepat. Jika Tiongkok  ingin memasuki masa depan yang lebih baik, ia harus membangun kembali sistem moral. Sistem moral ini akan didasarkan pada tradisi dan  nilai-nilai budaya Tiongkok, dan hal itu bertentangan dengan ideologi komunis. Nilai-nilai budaya tradisional tidak dapat hidup berdampingan dengan PKC. Oleh karena itu, selama partai komunis eksis, tidak ada harapan bagi Tiongkok. (EpochTimes/sua)

Bagikan ke teman-teman :

berita kehidupan, nasional, internasional

erabaru footerErabaru (Epoch Times Indonesia) hadir dalam bentuk media cetak dan situs online. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan kehidupan mereka dan meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia. Jaringan reporter kami tersebar di berbagai belahan dunia, meliput berita lokal yang otentik dan berhubungan dengan dunia global. Kemandirian kami memungkinkan kami dapat memberikan laporan secara luas, fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan menyajikan keberagaman pandangan.