Kesehatan

obama3WASHINGTON - Petinggi eksekutif di perusahaan di besar Amerika Serikat mempertimbangkan kembali atau menarik partisipasi mereka dalam sebuah forum ekonomi internasional Rusia di tengah permintaan dari pemerintahan Obama dalam menghadapi krisis yang tumbuh di Ukraina.

Beberapa eksekutif telah ditekan untuk membatalkan kehadiran mereka langsung dari para pejabat seperti Menteri Keuangan Jacob Lew dan Valerie Jarrett, penasihat senior Presiden Barack Obama.

The St Petersburg International Economic Forum, yang diselenggarakan tahun ini dari 22 Mei - 24 Mei, merupakan acara tahunan dihargai oleh Presiden Rusia Vladimir Putin sebagai validasi dari pengaruh ekonomi negaranya.

Morgan stanley ketua james gorman, yang terdaftar sebagai peserta forum, telah membatalkan rencananya untuk menghadiri.Dan goldman sachs ketua dan ceo lloyd blankfein, yang juga terdaftar sebagai peserta dalam forum situs di website,juga tidak mungkin untuk berpartisipasi, seseorang mendapat penjelasan dari seseorang yang tak bersedia disebut namanya.

Di antara mereka yang berpartisipasi dalam forum tahun lalu tapi tidak akan tahun ini adalah CEO Citigroup Michael Corbat. Juru bicara Citigroup Mark Costiglio mengatakan bahwa sementara Corbat tidak akan hadir, perusahaan akan memiliki beberapa perwakilan lain di forum.

"Jelas perusahaan harus membuat keputusan mereka sendiri, tetapi kami percaya bahwa paling senior Bisnis Eksekutif bepergian ke Rusia untuk membuat profil tinggi penampilan dengan pejabat pemerintah Rusia di acara-acara seperti ini akan mengirimkan pesan yang tidak pantas, diberikan perilaku Rusia, termasuk kegagalan jelas untuk melaksanakan kewajibannya di bawah kesepakatan Geneva," kata jurubicara Gedung Putih Laura Lucas Magnuson.

"Jelas perusahaan harus membuat keputusan mereka sendiri tapi kami percaya bahwa paling senior eksekutif bisnis bepergian ke rusia untuk membuat profil-tinggi terakhirnya dengan pejabat pemerintah rusia di acara seperti ini akan mengirim sebuah pesan yang tidak pantas diberikan rusia , termasuk yang jelas kegagalan untuk melaksanakan komitmennya di bawah jenewa," tambah laura lucas magnuson.

Dia mengatakan para pejabat pemerintah AS tidak akan menghadiri forum tahun ini.

AS dan Uni Eropa kedua memerintahkan sanksi terhadap pejabat Rusia dan individu pasca aneksasi Moskow dari Semenanjung Krimea. Mereka telah berhenti singkat menerapkan sanksi yang lebih luas pada sektor ekonomi Rusia, tapi Obama dan Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan pekan lalu bahwa mereka akan pindah ke hukuman yang lebih berat jika Rusia mengganggu 25 Mei 2015 pemilihan presiden Ukraina.

Juru bicara Gedung Putih Jay Carney pekan lalu menegaskan penjangkauan dari pejabat pemerintahan Obama untuk kepala eksekutif AS, mengatakan kehadiran di forum tidak akan sesuai mengingat pelanggaran mencolok integritas teritorial negara berdaulat dan upaya yang konsisten untuk lebih mengguncang Ukraina. (Erwin/rahmat)

 

Bagikan ke teman-teman :

berita kehidupan, nasional, internasional

erabaru footerErabaru (Epoch Times Indonesia) hadir dalam bentuk media cetak dan situs online. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan kehidupan mereka dan meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia. Jaringan reporter kami tersebar di berbagai belahan dunia, meliput berita lokal yang otentik dan berhubungan dengan dunia global. Kemandirian kami memungkinkan kami dapat memberikan laporan secara luas, fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan menyajikan keberagaman pandangan.