Home

VIDEO NTDTV

This text will be replaced

 

Han Qi adalah bangsawan Weiguo dan juga Perdana Menteri pada masa dinasti Song (960 -1279). Suatu saat ketika sedang memimpin pasukannya, dia meminta kepada penjaga malamnya untuk memberinya lilin sehingga ia dapat menulis surat.

Penjaganya ceroboh dengan lilin itu dan tanpa sengaja api mengenai rambut Han Qi. Dia  segera mengibaskan api dengan sarung tangannya dan meneruskan menulis.

Segera setelah mengetahui bahwa penjaga yang membawakannya lilin digantikan dengan yang lain. Han Qi menguatirkan penjaga tersebut akan mendapatkan hukuman, sehingga dia pergi menemui pimpinan penjaga dan mengatakan, “Jangan ganti dia! Bawa ia kembali, karena ia sekarang dapat belajar bagaimana memegang lilin yang benar.” Setiap orang di dalam pasukanya mengagumi tindakannya.

Di lain hari seorang pria membawakannya dua buah mangkuk giok yang sangat berharga, dan mengatakan, “Seorang petani menemukan benda ini di parit, benda yang indah, sungguh berharga.” Han Qi memberi imbalan orang itu dengan banyak perak dan berterima kasih padanya. Dia sangat menyukai benda itu. Setiap menyambut tamunya, mangkuk itu diletakkan di meja yang spesial.

Suatu hari dia mengadakan perjamuan, pelayannya ceroboh mengetuk mangkuk di atas meja dan pecah. Han dengan tenang berkata, “Segala sesuatu memiliki takdir.  Kamu terpeleset dan tidak dengan sengaja. Bagaimana dapat melimpahkan kesalahan ini padamu?”

Semua tamu sangat menghargai bangsawan Han untuk pengampunannya yang besar. (The Epoch Times/lia)

 

 

 

Bagikan ke teman-teman :

berita kehidupan, nasional, internasional

erabaru footerErabaru (Epoch Times Indonesia) hadir dalam bentuk media cetak dan situs online. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan kehidupan mereka dan meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia. Jaringan reporter kami tersebar di berbagai belahan dunia, meliput berita lokal yang otentik dan berhubungan dengan dunia global. Kemandirian kami memungkinkan kami dapat memberikan laporan secara luas, fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan menyajikan keberagaman pandangan.