Home

VIDEO NTDTV

This text will be replaced

 

Tetapi saat ini sepertinya fungsi organisasi dari birokrasi sangat mendasar terhadap pertumbuhan dari negara-negara pertama di dunia dan mungkin telah membantu mereka untuk menguasai area di sekitarnya lebih awal daripada yang dipikirkan sebelumnya. Sebuah penelitian baru diadakan di Valley of Oaxaca di dekat Monte Alban, sebuah area arkeolog besar era pra Kolombia di Selatan Mexico, juga mengindikasikan bahwa sistem birokrasi pertama tersebut mungkin masih mempunyai pengaruh terhadap bentuk negara saat ini.

Penelitian ini diadakan oleh American Museum of Natural History (AMNH), didanai sebagian oleh National Science Foundation (NSF) melalui direktorat Social, Behavioral and Economic Sciences, telah dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences (PNAS).

“Bukti paling awal dari organisasi negara sejalan dengan bukti paling awal dari ekspansi wilayah jarak jauh,” kata pemimpin riset Charles Spencer, kurator dari arkeolog Mexico dan Amerika Tengah di AMNH. “Pola ini konsisten dengan model ekspansi wilayah dalam formasi utama negara, yang telah saya tuliskan dalam beberapa publikasi selama beberapa tahun.”

Model ekspansi wilayah dari Spencer memberikan argumen bahwa kebangkitan negara dari sebuah proses saling membangun antara pengembangan wilayah terus menerus dan birokrasi. Model dari Spencer mendobrak ide sebelumnya yang menyatakan bahwa negara bangkit dari sebuah perkembangan, proses langkah demi langkah: Pertama negara berdiri, kemudian sebuah organisasi birokrasi memimpin, dan beberapa waktu kemudian, negara tersebut mulai berekspansi ke wilayah lain dalam bentuk “kekaisaran”, yang kemudian membentuk sebuah kekaisaran.

Penelitian arkeologi yang diadakan Spencer di lembah Oaxaca sekitar 50 mil dari Monte Alban menawarkan sebuah ide bahwa pandangan lama tentang negara dan kekaisaran mungkin tidak berlaku.

Di Lembah Oaxaca, Spencer menemukan bukti berupa sebuah istana dan sebuah kuil dengan beberapa ruangan yang berusia antara 300-100 Sebelum Masehi. Sebagian besar arkeolog Oaxaca menganggap bahwa istana tersebut merupakan bukti dari kelas pemimpin istimewa dan kuli dengan beberapa ruangan tersebut merupakan sebuah kelas pendeta istimewa.

Spencer menulis bahwa sekitar 300 sebelum Masehi, tanda pertama dari organisasi negara mulai muncul di Lembah Oaxaca di daerah Monte Alban. Ini adalah waktu yang bersamaan dengan Monte Alban kuno mulai menguasai wilayah di sekitarnya.

Spencer memperkirakan bahwa semua birokrasi negara -bahkan yang modern sekalipun mungkin mempunyai kecenderungan yang tak terpisahkan, atau “kabel-keras,” untuk berhubungan dengan ekspansi predator sebagai penegakan dari proses utama dari formasi negara.

Laporan PNAS membanding-kan pekerjaan Spencer di Meso-america dengan data arkeolog dari lima negara di mana para (antropologi) telah mengakui sebagai lokasi lain di mana ada formasi negara utama yang benar dalam sejarah: Peru, Mesir, Mesopotamia, Lembah Indus dan China. Negara utama adalah generasi pertama dari negara-negara yang berkembang tanpa kontak dengan negara yang eksis sebelumnya. Dalam setiap kasus, teori perkembangan wilayah Spencer masih dipertimbangkan. Tetapi dia mengatakan bahwa riset masih perlu dilakukan pada setiap lokasi lain tersebut.

“Hasil ini mungkin menghasilkan sebuah pelajaran yang harus dicermati bahwa kita berpikir tentang hubungan internasional dalam dunia kontemporer.” Kata Spencer. “Karena birokrasi negara adalah sebagai bentuk politik yang asalnya berkembang dari sebuah proses ekspansi predator, kita seharusnya tidak terkejut jika negara terus mempunyai tendensi untuk menjadi predator,  terlepas dengan ideologi masing-masing.”

Spencer mengatakan bahwa hasil penelitiannya, bisa dipandang sebagai alasan untuk mendukung pengembangan dari organisasi internasional seperti PBB untuk landasan dalam pendalaman tendensi ekspansi dari negara individu.”Tetapi, administrasi dari organisasi ini juga berupa birokrasi, jadi kita harus memperhatikan dengan seksama pola predator tersebut dari semuanya,” katanya. (National Science Foundation/san)

 

 

Bagikan ke teman-teman :

berita kehidupan, nasional, internasional

erabaru footerErabaru (Epoch Times Indonesia) hadir dalam bentuk media cetak dan situs online. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan kehidupan mereka dan meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia. Jaringan reporter kami tersebar di berbagai belahan dunia, meliput berita lokal yang otentik dan berhubungan dengan dunia global. Kemandirian kami memungkinkan kami dapat memberikan laporan secara luas, fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan menyajikan keberagaman pandangan.