Home

makanan-sumber-kalsiumAda saran yang mengatakan, bahwa orang dewasa sangat pentingnya minum susu untuk menguatkan tulang dan gigi yang sehat saat tumbuh dewasa.

Sebuah penelitian terbaru University of California (UCSF), San Francisco, mendukung penuh saran tersebut.

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Douglas C. Bauer, MD, profesor Kedokteran UCSF, Epidemiologi dan biostatistik, melaporkan dalam siaran pers baru-baru ini bahwa sumber kalsium terbaik adalah makanan.

Kekurangan kalsium merupakan penyebab utama kerusakan gigi dan kuku lemah. Hal ini juga dapat menyebabkan tulang mudah patah. Batu ginjal adalah komplikasi yang jarang dan lebih serius.

“Osteoporosis bisa terjadi aki-bat kurangnya asupan kalsium, dan cukup umum terjadi di ka-langan orang tua yang mengon-sumsi kurang dari jumlah yang rekomendasikan,” kata Douglas.

Dosis yang direkomendasikan Institute of Medicine untuk wanita pasca-menopause di atas usia 50 dan pria di atas 70 adalah, 1.200 mg per hari.

Suplemen kalsium sering kali dilarang sebagai cara untuk memperbaiki kekurangan kalsium dan mencegah osteopo-rosis. Karena telah diketahui me-miliki beberapa efek samping ringan, seperti gangguan pencer-naan dan sembelit.

Namun menurut siaran pers, studi terbaru tersebut telah menyuarakan keprihatinan bah-wa suplemen kalsium dapat menyebabkan peningkatan risiko serangan jantung.

Douglas merekomendasikan mengonsumsi susu dan produk makanan yang diperkaya dengan kalsium, serta makanan alami kaya kalsium seperti kale, brokoli dan bok choy.  Menurutnya makanan tinggi kalsium harus menjadi metode yang disukai untuk mendapatkan gizi yang cukup.

“Jika tidak mungkin mendapat asupan kalsium yang cukup dari makanan, maka penggunaan suplemen kalsium kemungkinan besar aman dan tidak terkait dengan hasil kardiovaskular,” kata Douglas. (epochtimes/ajg/mat))

Bagikan ke teman-teman :

berita kehidupan, nasional, internasional

erabaru footerErabaru (Epoch Times Indonesia) hadir dalam bentuk media cetak dan situs online. Kami menempatkan kepentingan pembaca sebagai prioritas utama. Semangat kami adalah memberikan kontribusi bagi pembaca agar dapat meningkatkan kehidupan mereka dan meningkatkan pemahaman dan penghargaan terhadap kehidupan sesama baik dalam lingkup lingkungan sekitar maupun lingkup dunia. Jaringan reporter kami tersebar di berbagai belahan dunia, meliput berita lokal yang otentik dan berhubungan dengan dunia global. Kemandirian kami memungkinkan kami dapat memberikan laporan secara luas, fakta yang dapat dipertanggungjawabkan dan menyajikan keberagaman pandangan.