Monday, November 29, 2021
No menu items!
HomeKESEHATANAlasan Mengonsumsi Makanan Mentah Setiap Hari

Alasan Mengonsumsi Makanan Mentah Setiap Hari

Diet makanan mentah menjadi semakin populer dewasa ini. Banyak orang mengonsumsi makanan mentah untuk menurunkan dan menjaga berat badan, selain itu juga untuk meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain dapat memperoleh semua nutrisi dan energi yang dibutuhkan tubuh,ada manfaat kesehatan penting lainnya dari makanan mentah yang Anda konsumsi.

Mengurangi risiko penyakit kanker

Anda dapat secara signifikan mengurangi risiko terkena penyakit kanker,dengan mengikutsertakan makanan mentah dalam menu makanan harian Anda. Makanan mentah kaya akan vitamin, mineral dan zat antioksidan dengan kadar racun yang rendah, dibandingkan makanan yang melalui proses pemasakan.

Makanan yang dimasak dapat menghasilkan karsinogen beracun dan menyebabkan berbagai jenis kanker serta berbagai penyakit lainnya.

Mengandung enzim alami

Makanan mentah merupakan sumber enzim yang berbeda juga mempromosikan pencernaan yang lebih baik, kadar kolesterol yang sehat dan mencegah sembelit. Selain itu, mengonsumsi makanan mentah secara teratur dapat membantu dan mempercepat sistem metabolisme, sehingga dapat membantu menurunkan berat badan Anda.

Enzim dalam bahan mentah juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi dalam tubuh Anda.

Memerangi keinginan akan gula

Jika keinginan akan gula Anda muncul, maka cara mudah untuk mengendalikannya adalah dengan mengonsumsi bahan makanan mentah dan buah- buahan saja. Sebagai sumber alami dari gula, buah – buahan juga kaya akan nutrisi lain yang dapat memberikan energi pada tubuh Anda, sehingga baik juga sebagai camilan makanan ringan yang sehat.

Ada sayuran tertentu yang dapat membantu Anda memerangi keinginan mengonsumsi gula, seperti paprika, tomat dan wortel yang kaya akan antioksidan yang kuat, vitamin, mineral serta rendah kalori. Namun, ketika paprika, tomat, wortel, buah-buahan serta sayuran lainnya dimasak, dapat mengurangi kadar nutrisinya,sehingga kurang menyehatkan bagi tubuh Anda.

Mengandung kalori dan rendah lemak

Secara alami, buah – buahan dan sayuran mengandung gula, kalori dan rendah lemak. Dengan mengonsumsi sepotong buah segar serta menikmati salad yang segar setiap harinya, Anda dapat mendapatkan tubuh yang sehat,cukup asupan kalori serta energi yang kuat .

Bersifat ramah lingkungan

Makanan mentah bersifat ramah lingkungan. Hal ini karena makanan mentah dapat memberikan emisi CO2 yang sangat rendah sehingga Anda tidak perlu membuang listrik untuk memasaknya, kecuali jika Anda ingin membuat jus atau smoothie darinya. Bahan makanan mentah juga tidak perlu dikemas atau di kalengkan, sehingga dapat mengurangi sampah yang dapat mencemari lingkungan hidup disekitar rumah.

Rasanya lezat

Umumnya, sebagian orang tidak menyukai rasa dan aroma dari makanan mentah. Sebenarnya, itu hanya karena tidak biasa mengonsumsinya.

Kacang-kacangan, pisang, buah kiwi, jeruk, apel, ceri, stroberi, raspberi, blueberi, wortel, mangga, nanas, alpukat, paprika dan buah-buahan lainnya dan sayuran mempunyai rasa yang sangat lezat, jika Anda biasa mengonsumsinya.

Makanan serba guna

Bahan makanan mentah mempunyai manfaat yang serba guna, sehingga Anda tidak perlu menghabiskan berjam-jam di dapur untuk membuat sesuatu makanan yang lezat dan unik. Anda dapat membuat salad segar, jus, smoothies atau makan buah favorit Anda dan sayuran sebagai bagian dari makanan atau camilan di siang hari juga.

Dengan berbagai macam buah-buahan dan sayuran, Anda tidak akan pernah merasa bosan untuk makan makanan mentah. Bahan makanan mentah kaya kadar air yang tinggi dan mengandung semua zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga tubuh Anda tetap sehat dan berenergi.(Anai/Yant)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments