Monday, November 29, 2021
No menu items!
HomeKESEHATANMakan Udang Lobster dengan Minum Bir Meningkatkan Asam Urat

Makan Udang Lobster dengan Minum Bir Meningkatkan Asam Urat

Kesehatan, udang lobster meningkatkan asam urat, asam urat, makan udang lobster dan minum bir, peningkatan asam urat, penyakit encok Konsentrasi asam urat akan memuncak setelah berpesta makanan, encok dan sakit pada persendiri kemudian menyusul. (foto internet)

Encok dahulu digolongkan sebagai penyakitnya para raja, penyakit itu sering kali menghinggapi  orang karena makan berlebihan ‘hidangan enak’ baik dalam acara barbeku atau di resto. Minum bir bersama teman atau anggota keluarga di malam panjang sambil makan udang atau lobster yang gemuk-gemuk dagingnya memang mengasyikkan. Namun diingatkan bahwa kandungan purin yang tinggi dalam hidangan itu merupakan biang keladi dari kaku dan sakitnya sendi-sendi di anggota badan atau encok  yang menyebalkan itu. Asam urat terjadi oleh cukup banyak penyebab, tetapi makan berlebihan ‘hidangan enak’ memicu naiknya konsentrasi asam urat yang mempercepat munculnya gangguan. Oleh sebab itu, mengatur pola makan merupakan bagian penting dalam mencegah serangan encok atau kaku dan sakit pada persendian.  Para penderita encok  perlu memahami seberapa besar kandungan purin dalam makanan yang akan dikonsumsi, agar mampu secara efektif mencegah gangguan.

Makanan berpurin tinggi adalah makanan yang mengandung lebih dari 150 mg putin dalam setiap 100 gr berat makanan. Berpurin menengah bila kandungan purinnya berkisar antara 50 – 150 mg dalam setiap 100 gr makanan. Dan disebut rendah bila purinnya kurang dari 50 mg. penderita encok lebih dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang berpurin rendah.

Selain  dari makanan, asupan alkohol juga tidak kalah penting, karena alkohol dapat menghambat ekskresi atau pelepasan asam urat, apalagi bir juga mengandung purinn tinggi. Peneliti menemukan, orang yang menghabiskan 2 – 4 kaleng bir dalam seminggu memiliki 25 % potensi mengidap sakit encok. Dan orang yang minim 2 kaleng bir dalam seminggu berpotensi 2 kali lipat terserang sakit encok bila dibandingkan dengan orang yang tidak minum. Risiko itu bahkan semakin tinggi karena makan udang atau udang lobster yang memang tergolong makanan berpurin tinggi.

Bagi penderita sakit encok atau asam urat tinggi, seharusnya menghindari minum minuman beralkohol, makan ‘hidangan enak’ berlebihan. Dengan makan hidangan yang berpurin rendah dan minum banyak air putih sebagai sarana membuang asam urat kemudian berolahraga secara teratur, ganngguan sakit encok atau linu sendi bisa dicegah lebih maksimal. Makanan berpurin rendah antara lain : Padi-padian, telur, susu, buah-buahan, sayuran, trigliserida. Makanan berpurin menengah antara lain : Daging hewan, ikan, udang, kepiting, kacang-kacangan, rebung.

Makanan berpurin tinggi antara lain : Kuah daging, kaldu, otak, ginjal, asparagus, jamur, rumput laut, pea, tauge, ikan jenis cod, belut laut, kerang, gurita, ikan jenis cutlassfish, ikan kakap perak, kuah ayam.(Sin/Yant)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments