Tuesday, November 30, 2021
No menu items!
HomeMISTERITerowongan KA Menembus Gunung Terpanjang dan Terdalam di Dunia, Selesai Dibangun

Terowongan KA Menembus Gunung Terpanjang dan Terdalam di Dunia, Selesai Dibangun

Pemerintah Swiss telah menghabiskan waktu hampir 20 tahun untuk membangun sebuah terowongan untuk lintasan kereta api yang panjangnya mencapai 57 km, Kini terowongan tersebut sudah selesai dibangun dan menjadi terowongan KA terpanjang dan terdalam di dunia mengalahkan terowongan Seikan di Jepang.

Laporan ‘Daily Mail’ pada 26 Agustus 2015 menyebutkan bahwa terowongan Gotthard Basis Tunnel ini baru akan dibuka untuk umum mulai 1 Juni tahun depan. KA Cepat yang menghubungkan kota Zurich dengan Milan, Itali akan melewati terowongan ini dengan waktu tempuh yang hanya 2 jam 50 menit. Lebih pendek 1 jam dari KA yang tersedia sekarang.

Proyek pembangunan terowongan ini sudah dimulai sejak tahun 1996 dengan total dana investasi sebesar USD. 10.3 miliar. Melibatkan lebih dari 2.000 orang pekerja konstruksi untuk melakukan penggalian di bawah permukaan tanah sedalam 2.400 meter. Dan tanah atau bebatuan dari galian yang diangkut keluar dari dalam terowongan mencapai lebih dari 2 juta truk besar.

Karena jalur KA yang lama dibangun di atas permukaan tanah dengan mengikuti kondisi pegunungan Alpen yang naik turun dan berkelok-kelok, sehingga membatasi kecepatan dan kapasitas angkutan. Oleh sebab itu lalu lintas KA Milan – Zurich belum terbilang lancar. Sedangkan Terowongan Gotthard yang merupakan bagian dari proyek AlpTransit ini memiliki 2 jalur pararel dengan rel masing-masing.

Jalur KA baru ini dibangun tanpa banyak naik-turun sehingga kecepatan laju dapat mencapai 241 km per jam.

Selama pekerjaan penggalian terowongan ini sudah 8 orang pekerja yang tewas karena berbagai resiko. Ekskavator setiap harinya perlu memotong batu karang selebar 30-an meter….

‘Tribune de Geneva’ pada laporan pada 26 Agustus 2015 mengatakan, jadwal uji coba keselamatan akan dilaksanakan pada bulan Oktober tahun ini. pengujian akan meliputi segala aspek bahaya keselamatan yang mungkin mengancam. Diharapkan perjalanan perdana dengan 1.000 penumpang undangan dapat terlaksana pada 1 Januari tahun depan. (Xu Jialin/sinatra/rmat)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments