Tuesday, November 30, 2021
No menu items!
HomeKESEHATAN5 Kesalahan saat Mengonsumsi Kaldu

5 Kesalahan saat Mengonsumsi Kaldu

Mengonsumsi kaldu banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh, tapi cara mengonsumsi juga harus diperhatikan. Saat mengonsumsi kaldu, seringkali orang-orang melakukan 5 kesalahan.

1. Konsumsi kaldu tidak dengan endapannya

Dalam percobaan ditemukan, bahwa ikan, ayam, daging sapi dan lain-lain bahan yang mengandung protein tinggi, setelah dimasak selama 6 jam, meskipun kaldu tersebut kelihatannya sangat kental, tapi persentasi protein yang larut/hilang hanya 6-15 %, masih ada 85% lebih protein yang tetap tinggal di endapannya.

2. Suka konsumsi kaldu rasa tunggal

Gizi yang dikandung setiap bahan makanan semuanya tidak sempurna, maka kaldu yang merupakan gabungan dari beberapa macam hewan dan makanan tumbuh-tumbuhan, tidak hanya rasanya lebih lezat, juga membuat gizinya lebih sempurna.

3. Mengonsumsi kaldu yang terlalu panas

Mengonsumsi kaldu panas bisa melukai lambung. Karena mulut, kerongkongan , selaput lambung maksimal hanya bisa bertahan pada suhu kira-kira 60 derajat celsius, bila melampaui suhu tersebut akan menyebabkan lukanya selaput.

4. Mengonsumsi kaldu sesudah makan

Mengonsumsi kaldu sebelum makan, selain bisa mengurangi rangsangan negatif terhadap selaput pencernaan dari makanan yang kering dan keras, juga mempercepat pengeluaran cairan dari kelenjar pencernaan, dan lagi bisa menambah selera makan serta bermanfaat mengurangi berat badan. Selain itu, saat makan nasi mengonsumsi sedikit kaldu akan bermanfaat pada pencernaan makanan.

5. Nasi terendam dalam kaldu

Bila mengonsumsi nasi dicampur adukan dengan kaldu, bisa mengakibatkan makanan dalam mulut belum sempat dikunyah lembut sudah akan tertelan bersama kaldu ke dalam lambung, makanan yang dimakan tidak bisa dengan baik dicernakan dan diserap, lambat laun, mungkin bisa mengakibatkan terjadinya penyakit lambung. (Wcn/Yant)

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisment -

Most Popular

Recent Comments