fbpx
Tuesday, December 7, 2021
HomeKESEHATAN5 Cara Memelihara Hati Ala Tradisi Tiongkok

5 Cara Memelihara Hati Ala Tradisi Tiongkok

Kita telah lama tahu bahwa hati berkaitan dengan segala macam perasaan. Anda dapat merasakan patah hati, merasakan sesuatu dengan sepenuh hati, atau menerima seseorang dari lubuk hati Anda. Anda juga bisa sedih, memiliki ketertarikan pada seseorang, dan mengirim cokelat di hari valentine pada kekasih Anda.

Bila dihubungkan dengan pengobatan Tiongkok, hati adalah rumah bagi jiwa Anda, yang meliputi pikiran, memori, kesadaran, dan semangat. Meskipun hal-hal ini dikaitkan dengan otak dalam pengobatan Barat, kita cenderung secara naluriah tahu bahwa hati adalah organ perasaan dan spiritualitas.

Dalam pengobatan Tiongkok masing-masing organ tubuh Anda berhubungan dengan emosi, dan tidak mengherankan sukacita adalah emosi hati Anda. Namun sukacita bisa menjadi pedang bermata dua, karena terlalu banyak sukacita dapat menjadi kecanduan.

Di samping itu, karena hati Anda adalah rumah kesadaran, ia punya beberapa hubungan dengan sebagian besar gangguan emosional, seperti kecemasan dan insomnia.

Kelainan fisik yang berhubungan dengan hati Anda termasuk jantung berdebar (tidak termasuk detak jantung), insomnia, mimpi yang seolah-olah sangat nyata, nyeri dada, masalah gusi, dan beberapa hal yang menghantarkan perasaan panas di tubuh Anda.

Jadi bagaimana Anda memelihara hati menurut tradisi Tiongkok? Berikut adalah beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan yang dikutip dari acupuncturetwincities.com:

Hubungan

Salah satu cara sederhana untuk memelihara hati Anda adalah melalui koneksi/hubungan.

Ini berarti menghubungkan hati dengan tujuan hidup Anda melalui kegiatan seperti menulis dan mengeksplorasi diri. Berhubungan dengan orang lain melalui interaksi sosial, dan menghubungkan diri dengan Sang Pencipta melalui doa dan meditasi, yang semuanya dapat menyehatkan jantung Anda.

Makanlah dengan hati

Sikap Anda terhadap makanan adalah cermin bagaimana Anda memandang kehidupan.

Coba Anda renungkan: apakah Anda menghabiskan banyak waktu untuk menghindari “makanan yang kurang sehat” dan selalu menghitung berapa gram lemak yang Anda konsumsi?

Ataukah Anda menyiapkan makanan dengan penuh hati dan cinta, mengonsumsi makanan sehat yang enak, dan berkumpul dengan orang-orang terdekat untuk makan bersama?

Sulit untuk bersuka cita, jika Anda khawatir tentang kandungan gizi dalam setiap asupan yang Anda makan, jadi beri sedikit cinta dalam makanan yang Anda makan.

Bersyukur

Bersyukur terdengar seperti hal yang baik untuk dilakukan dan penelitian telah mendokumentasikan dampak positif dari rasa syukur.

Beberapa manfaat bersyukur adalah peningkatan kewaspadaan mental, kesehatan fisik yang lebih baik, peningkatan kualitas hidup, dan meningkatkan optimisme.

Selain itu, rasa syukur dapat menurunkan perasaan iri hati, materialisme dan sifat egois yang mementingkan diri sendiri.

Jadi, sambil menghargai berkah Anda, jadilah orang yang lebih bahagia (dan lebih berbelas kasih!) dan ini tentunya akan membawa hal positif bagi Anda!

Temukan hal-hal dalam hidup yang ingin Anda lakukan, orang-orang, tempat, dan hal-hal yang membuat Anda benar-benar bahagia, dan kemudian luangkan waktu bersama mereka atau lakukan kegiatan bersama mereka.

Menikmati suasana di luar ruangan

Menghabiskan waktu di luar ruangan adalah cara untuk menghubungkan diri dengan alam menakjubkan di sekitar Anda.

Bahkan para peneliti di Jepang telah menemukan bahwa dengan menghabiskan waktu dan menikmati pemandangan alam, dapat memberikan berbagai macam manfaat termasuk penurunan hormon stres, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan kekebalan /imun tubuh Anda.

Berjalan di hutan yang indah, tenang, dan alami. Ini dapat mendekatkan Anda dengan unsur mendasar dari Anda dengan Sang Pencipta juga memelihara hati Anda.

Kultivasi kebahagiaan

Isi hati Anda dengan hal – hal yang bisa membuat Anda merasa penuh sukacita. Temukan hal-hal dalam hidup yang ingin Anda lakukan, orang-orang, tempat, dan hal-hal yang membuat Anda benar-benar bahagia, dan kemudian luangkan waktu bersama mereka atau lakukan kegiatan bersama mereka.( Anai/Yant)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular