Monday, December 6, 2021
HomeMISTERIFENOMENA UNIKCrop Circle Menunjukkan Pukul 6:10 di Rusia, Apa Artinya?

Crop Circle Menunjukkan Pukul 6:10 di Rusia, Apa Artinya?

Dalam beberapa abad terakhir, di belahan dunia rata-rata pernah dikejutkan dengan fenomena misterius berupa crop circle atau lingkaran tanaman, dengan pola gambar sebagian besar berbentuk geometris, namun, lingkaran tanaman yang terbentuk di suatu tempat di Rusia ini di luar dugaan berupa pola gambar jam tangan, dan ini benar-benar langka.

Sepotong video yang diunggah ke YouTube baru-baru ini menunjukkan sebuah gambar jam tangan tradisional yang sangat besar di sebuah ladang jagung di Rusia. Di dalam jam tersebut tampak jelas jarum jam maupun menit, bahkan garis-garis tali jam juga tampak sangat jelas, sementara jarum jam dan menit menunjukkan waktu sekitar jam 6:10.

Beberapa tanaman jagung di ladang tersebut tampak sengaja dibakar, diratakan, atau bahkan dilenyapkan, sedangkan tanah yang mencuat itu membentuk pola gambar jam tangan.

Menurut penuturan netter yang mengunggah video tersebut, ladang jagung itu terletak di daerah Zernogradsky, Rostov Oblast, dan area cakupan yang diduduki di ladang jagung tersebut sekitar 1,5 hektar.

Sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab terbentuknya pola gambar jam tangan, juga tidak diketahui apa makna dari arah jarum yang menunjukkan jam 06:10.

"crop circle"
Gambar di atas adalah berita tentang “The Mowing Devil: Or, Strange News Out of Hertfordshire”. (Wikipedia)

Lingkaran tanaman bukan produk zaman modern, karena sejak beberapa ratus tahun silam, sudah ada laporan saksi mata dan arsip terkait crop circle atau lingkaran tanaman. Fenomena misterius ini kerap terjadi dalam semalam, dan tidak diketahui apa penyebabnya, karena itu, ada yang mengaitkannya dengan supernatural, ada yang menganggap itu adalah hasil karya makhluk luar angkasa atau alien, tapi ada juga yang mengatakan bahwa itu murni kerjaan orang-orang iseng.

Pada 1678 lampau, ada sebuah booklet di Inggris berjudul “The Mowing Devil: Or, Strange News Out of Hertfordshire” yang menggambarkan tentang munculnya sebuah lingkaran tanaman Hertfordshire.

Buklet tersebut menyebutkan bahwa pada suatu pagi, ladang tanaman itu dipotong, dengan pemotongan yang sangat sempurna, tidak seperti hasil kerja manusia. Menurut cerita petani pemilik ladang tersebut, bahwa pada suatu malam, ia sepertinya melihat sumber cahaya misterius bak sumber api itu muncul di sebuah ladang.

Oleh para peneliti crop circle (lingkaran tanaman), buklet tersebut dengan fenomena supernatural yang diceritakannya itu kerap digambarkan sebagai sebuah contoh kasus crop circle pertama yang didokumentasikan. (jon/ran)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular