fbpx
Wednesday, December 8, 2021
HomeKESEHATANPenyebab Kerusakan Lutut Kaki

Penyebab Kerusakan Lutut Kaki

Apa pun jika berlebihan tidak baik untuk kesehatan seseorang. Pelatih olahraga menyarankan saat berlatih di gym untuk menghindari kaki terlalu banyak menahan beban, berjalan di treadmill, bersepeda dan bahkan jongkok terlalu lama, karena ini adalah beberapa hal yang bisa melukai lutut. Meskipun kaki membantu untuk menjaga berat badan Anda di trek, tapi terlalu banyak berlatih akan membahayakan tubuh tanpa Anda menyadarinya.

Di sisi lain, kelebihan berat badan, mengenakan sepatu yang salah juga akan membahayakan lutut.Berikut beberapa kebiasaan yang bisa merusak lutut kita. Jika Anda melihat pada kebiasaan ini Anda akan terkejut bahwa beberapa hal dalam daftar adalah kebiasaan kita sehari-hari yang kita harus segera mengakhirinya.

Kegemukan

Kelebihan berat badan, adalah salah satu penyebab kerusakan lutut Anda.Hal ini karena, lutut akan bekerja keras untuk menopang berat badan Anda yang berlebih, sehingga dapat menyebabkan nyeri sendi dan lutut menjadi retak.

Squats

Berlatih squats menempatkan terlalu banyak tekanan pada lutut, terutama jika seseorang kelebihan berat badan.

Berlari terlalu lama

Berlari di treadmill selama berjam-jam dapat menyebabkan cedera serius pada lutut. Berjalan di tanah lapang atau di taman jauh lebih baik untuk kesehatan seseorang bila dibandingkan dengan latihan statis.

Bersepeda

Apakah Anda tahu, bahwa kegiatan bersepeda selama berjam – jam, juga dapat membahayakan lutut Aktivitas lutut yang rutin dalam mengayuh sepeda, dapat berpengaruh bahkan memecahkan tempurung lutut Anda, jika dilakukan selama berjam – jam setiap harinya.

Sepatu hak tinggi

Sepatu hak tinggi sangat disukai terutama para wanita, tetapi seseorang dengan memakai sepatu hak tinggi berat badan tidak seimbang dengan baik dan karena itu akan menyebabkan nyeri lutut.

Postur tubuh

Postur tubuh yang salah, dapat menjadi penyebab rusaknya lutu Anda juga. Jika Anda menderita nyeri lutut, pastikan Anda melihat serta memperhatikan postur tubuh Anda dan mengatur dengan benar.

Malas beraktivitas

Jika Anda malas bergerak secara fisik, juga menjadi penyebab kerusakan lutut Anda. Anda disarankan sebaiknya, dapat melakukan sedikit aktivitas tubuh seperti yoga
dan berenang untuk menjaga kebugaran serta kesehatan tubuh Anda.

Tekanan darah tinggi

Tekanan darah yang tinggi, dapat menjadi penyebab penyakit yang serius seperti osteoarthritis (radang sendi) yang dapat merusak lutut Anda juga. Anda disarankan sebaiknya, dapat menjaga tekanan darah demi kesehatan tubuh dan lutut Anda.

Merokok

Merokok dapat merusak pertumbuhan tulang rawan dan terjadinya rasa sakit yang lebih parah pada pria yang memiliki osteoarthritis. Ini adalah salah satu hal yang merusak lutut.

Angkat beban

Angkat beban yang rutin dan berjam – jam, merupakan kebiasaan yang dapat merusak kesehatan lutut. Pastikan Anda membatasi untuk mengangkat beban, hanya beberapa saat saja, bukannya selama berjam – jam setiap harinya, demi kesehatan tubuh dan lutut kaki Anda.(Anai)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Most Popular